logo


Rusia Desak NATO Segera Tarik Pasukan dan Senjata dari Wilayah Rumania dan Bulgaria

Rusia meminta NATO untuk segera memberikan jaminan keamanan bagi Moskow, salah satunya dengan tidak melakukan ekspansi ke Eropa Timur dan menarik pasukan militer NATO yang berada di dekat wilayah Rusia

21 Januari 2022 17:30 WIB

Ilustrasi pasukan NATO
Ilustrasi pasukan NATO www.nato.int

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Jumat (21/1) mengatakan bahwa Moskow ingin NATO segera memberikan jaminan keamanan bagi negaranya, dengan menarik mundur pasukan aliansi negara barat tersebut dari wilayah Rumania dan Bulgaria. Hal itu dilaporkan oleh Reuters pada Jumat (21/1).

Kedua negara tersebut diketahui sudah menjadi anggota NATO setelah tahun 1997.

Moskow telah menuntut jaminan yang mengikat secara hukum dari NATO bahwa blok tersebut akan menghentikan ekspansinya ke wilayah Eropa Timur dan menarik seluruh pasukan serta peralatan militer dari negara anggota yang bergabung dengan aliansi pertahanan tersebut setelah tahun 1997.


Semua Pergerakan Rusia ke Wilayah Ukraina Akan Dianggap sebagai Invasi

"Jika tanggapan konstruktif tidak mengikuti kerangka waktu yang wajar dan Barat melanjutkan garis agresifnya, maka Rusia akan dipaksa untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk memastikan keseimbangan strategis dan menghilangkan ancaman yang tidak dapat diterima terhadap keamanan nasional kami," kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada akhir Desember 2021 kemarin.

“Usulan kami bertujuan untuk menciptakan dan melegalkan sistem perjanjian baru berdasarkan prinsip keamanan yang tidak dapat dibagi dan mengabaikan upaya untuk mencapai keunggulan militer, yang disetujui dengan suara bulat oleh para pemimpin semua negara Euro-Atlantik pada 1990-an. Saya ingin menekankan bahwa yang kami butuhkan adalah jaminan yang mengikat secara hukum karena rekan-rekan dari negara Barat kami secara sistematis gagal memenuhi kewajiban politik, belum lagi jaminan dan janji yang disuarakan yang diberikan kepada para pemimpin Soviet dan Rusia," tambahnya.

Inggris dan Sekutu Bakal Terus Melawan Kediktatoran Vladimir Putin dan Xi Jinping

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia