logo


Dikritik Formula E Tak Ada di RPJMD, Anies: Asian Games, MotoGp Juga Nggak Ada, Semua Garis Besar

Anies mengklaim manfaat yang diperoleh masyarakat dari gelaran Formula E lebih besar

21 Januari 2022 14:01 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab kritikan sejumlah pihak yang menyebut gelaran Formula E tidak tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Ia mengatakan bahwa Formula E sudah diijelaskan secara garis besar, sebagaimana gelaran Asian Games hingga MotoGp.

"Terus kan ada yang bilang, misalnya Formula E tidak ada dalam RPJMD, ya namanya RPJMD memang tidak pernah menulis, sama dengan RPJMN enggak pernah ada soal Asian Games, MotoGp, enggak ada di dalam RPJMN, semuanya garis besar," kata Anies dalam dialog wawancara di kanal YouTube Total Politik yang dikutip Jumat (21/1/2022).

Anies menegaskan bahwa gelaran Formula E tidak dipaksakan. Ia menyebut anggaran Formula E ditetapkan melalui Perda.


Tak Terima Anies Dituding Tak Kerja Tangani Banjir, Musni Umar Singgung Banyaknya Penghargaan

"Ketika dipertanyakan kenapa ini dipaksakan? Bukan dipaksakan, ini adalah peraturan daerah, sudah ditetapkan oleh Perda dan tugasnya gubernur melaksanakan semua ketentuan perundangan, termasuk Perda, dan Perda itu ada tentang Formula E," katanya.

Lebih lanjut, ia mengklaim manfaat yang diperoleh masyarakat dari gelaran Formula E lebih besar daripada commitmen fee yang telah dikeluarkan Pemprov DKI sebesar Rp 500 miliar.

"Yang bisa dihitung secara rupiah itu lah yang kemudian kita lihat...dalam menggerakkan perekonomian, tentang bagaimana ini dampak pada ekonomi mikro di Jakarta, pada pariwisata, itu semua bisa dihitung. Lalu ada yang tidak bisa dilihat, reputasi. Bagaimana Jakarta ada di dalam orbit kota-kota reputasi dunia," pungkasnya.

Giring Datang ke Venue Formula E, Anies: Kasihan Juga Ya Waktunya Longgar Betul

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati