logo


Mengenal NFT yang Bikin Ghozali Everyday Mendadak Tajir

NFT umumnya unggahan berkas berupa karya seni.

21 Januari 2022 09:25 WIB

Ilustrasi NFT
Ilustrasi NFT ekonomi.bisnis.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Ghozali Everyday, sapaan terkini dari Sultan Gustaf Al Ghozali, tengah menjadi medan magnet bagi publik internet. Melambungnya nama Ghozali berkat aksinya menjual koleksi foto selfie dengan nilai fantastis sebagai Non Fungible Token (NFT) via OpenSea.

Dalam kurun 2017-2021, sebanyak 933 foto selfie telah diunggah Ghozali ke marketplace tersebut. Foto Ghozali usia 18-22 tahun itu semuanya dijepret oleh kamera komputer secara rutin.

Koleksi foto selfie Ghozali, dipantau jitunews.com dari marketplace OpenSea hingga Jumat (21/1), sudah memiliki volume transaksi mencapai 382 Ethereum atau sekitar Rp16 miliar.


Ibunda Disebut Toko Emas Berjalan, Begini Tanggapan Via Vallen

Apa itu NFT?

NFT (Non Fungible Token), dilansir dari Wikipedia, merupakan berkas digital yang identitas dan kepemilikannya diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital). Pada umumnya, NFT dibuat dengan mengunggah berkas berupa karya seni ke pasar lelang.

Sederhananya, NFT itu ibarat kartu yang memiliki harga yang sangat mahal. Hanya saja kartu tersebut berbentuk digital dan tersimpan di blockchain, sebuah sistem teknologi penyimpanan data berbasis digital.

NFT dijual menggunakan ether (koin buatan etherum). Transaksi setiap NFT tercatat dalam blockchain untuk menginformasikan berkas kepemilikan penciptanya: nama, harga, dan sebagainya.

Buat dan Jual NFT, Bagaimana Caranya?

- Menentukan Item

Penentuan item adalah hal mendasar untuk membuat dan menjual NFT. Anda dapat menentukan aset digital yang hendak diubah menjadi NFT. Aset itu bisa berupa foto, lukisan, video, musik, bahkan gim.

- Menentukan Blockchain

Setelah menentukan aset digital, Anda mesti mengubahnya menjadi NFT dengan cara menentukan blockchain. Ethereum merupakan tren saat ini, namun bukan hanya itu. Anda bisa memilih polkadot, binance smart chain, cosmos, tezos.

- Siapkan Dompet Digital

Berhubung NFT itu digital, Anda juga harus memiliki dompet dalam bentuk digital. Trust Wallet, Metamask, Aplha Wallet, Coinbase Wallet, Math Wallet merupakan dompet NFT yang populer.

- Pilih Marketplace NFT

Sebagaimana diketahui, Ghozali Everyday meraup penghasilan fantastis melalui marketplace OpenSea. Namun ada marketplace lainnya yang bisa Anda pilih,seperti Larva Labs/CryptoPunks, Nifty Gateway, Axie Marketplace, dan lain-lain.

Viral Mobil Plat Merah Lawan Arah, Wagub Jabar: Harusnya Jadi Contoh

Halaman: 
Penulis : Iskandar