logo


Lindungi Ekonomi Nasional, Rusia Larang Kegiatan Transaksi Bitcoin

Bank Sentral Rusia mengajukan rencana kebijakan yang akan melarang penjualan, penambangan, dan peredaran mata uang kripto

20 Januari 2022 22:00 WIB

Ilustrasi Bitcoin - Internet
Ilustrasi Bitcoin - Internet

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Bank Sentral Rusia telah meluncurkan proposal yang akan melarang penjualan, penambangan, dan peredaran mata uang kripto sebagai bagian dari langkah radikal yang menurut mereka akan melindungi perekonomian nasional dari risiko yang terkait dengan transaksi mata uang digital.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Kamis (20/1), Bank Sentral Rusia berpendapat bahwa "status rubel Rusia, yang bukan mata uang cadangan, tidak memungkinkan Rusia untuk mengambil pendekatan lunak atau mengabaikan risiko yang berkembang."

Otoritas keuangan Rusia tersebut mengusulkan serangkaian pembatasan yang dikatakannya akan “meminimalkan ancaman yang terkait dengan penyebaran mata uang kripto,” termasuk melarang transaksi dari pasar Rusia, melarang denominasi digital diterbitkan, dan mencegah lembaga keuangan berinvestasi di dalamnya.


Hadapi Kebijakan Bermusuhan AS, Korut Siap Lanjutkan Program Senjata Nuklirnya

Selain itu, penambangan cryptocurrency akan dilarang berdasarkan perubahan aturan yang diusulkan, seperti halnya kemampuan investor untuk menguangkannya. Mereka yang melanggar hukum bisa menghadapi ancaman sanksi.

Pada bulan November, bank melaporkan bahwa sekitar $ 5 miliar crypto diperdagangkan di Rusia setiap tahunnya, menjadikan negara itu salah satu pemain terbesar di pasar negara berkembang di seluruh dunia. Rusia juga berada di urutan kedua setelah Turki dalam hal pengguna yang mengunjungi pertukaran cryptocurrency Binance secara online.

Selain itu, Rusia menempati peringkat ketiga, di belakang AS dan Kazakhstan, dalam kegiatan penambangan bitcoin di seluruh dunia. Bloomberg melaporkan pada hari Kamis bahwa Bank Sentral telah dihubungi oleh Layanan Keamanan Federal (FSB) atas dugaan kekhawatiran bahwa cryptocurrency digunakan untuk mendanai outlet media dan organisasi politik yang ditunjuk sebagai 'agen asing'.

Uni Eropa Siap Jatuhkan Sanksi Ekonomi Besar-besaran terhadap Moskow

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia