logo


Uni Eropa Siap Jatuhkan Sanksi Ekonomi Besar-besaran terhadap Moskow

Presiden Komisi Uni Eropa mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sanksi ekonomi bagi Rusia jika nekat melancarkan invasi ke Ukraina

20 Januari 2022 21:30 WIB

Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen
Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen istimewa

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Uni Eropa mengancam akan menjatuhkan sanksi ekonomi "besar-besaran" jika Moskow nekat menyerang Ukraina. Hal itu disampaikan oleh Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen.

"Kami tidak menerima upaya Rusia untuk membagi Eropa menjadi wilayah pengaruh," kata Ursula dikutip Reuters.

"Jika serangan terjadi, kami sudah siap," tambahnya.


Beijing Sebut Kapal Perang AS Masuki Wilayah Perairan China Tanpa Ijin

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken diketahui sudah mengumpulkan perwakilan pejabat negara sekutu AS pada Kamis menjelang pembicaraan dengan Menlu Rusia yang bertujuan mencegah peperangan di perbatasan Ukraina.

Antony Blinken telah berkunjung ke Kiev pada Rabu (19/1) untuk bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi Ukraina. Pada Kamis (20/1), Blinken bertolak ke Berlin untuk menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jerman, Prancis dan Inggris.

Negara-negara Barat mengatakan mereka khawatir Rusia merencanakan serangan baru terhadap Ukraina, setelah ratusan ribu tentara Rusia diposisikan di dekat perbatasan dalam beberapa bulan terakhir.

Rusia membantah tudingan tersebut, namun mereka juga mengatakan dapat mengambil tindakan militer jika Ukraina bergabung ke dalam aliansi pertahanan NATO.

 

Hadapi Kebijakan Bermusuhan AS, Korut Siap Lanjutkan Program Senjata Nuklirnya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia