logo


5 Cara Merawat Kopling Mobil Dengan Baik dan Benar

Secara umum, kopling bisa bertahan sampai mobil menempuh jarak sekitar 20 ribu - 50 ribu kilometer.

20 Januari 2022 16:37 WIB

Mobil All New Ertiga
Mobil All New Ertiga oto.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kopling mobil adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur tingkat kecepatan mesin. Pengendara bisa mengubah kecepatan mobil sesuai keinginan mereka berkat adanya kopling. Itu berarti, kenyamanan ketika berkendara dipengaruhi oleh kondisi kopling pada mobil.

Apabila bermasalah, pastinya laju mobil menjadi kurang optimal. Ingin tahu cara merawat kopling mobil dengan baik dan benar? Simak pada artikel berikut.

Secara umum, kopling bisa bertahan sampai mobil menempuh jarak sekitar 20 ribu - 50 ribu kilometer. Tidak sedikit pemilik kendaraan diluar sana yang menyarankan agar service ketika mobil sudah menempuh 10 ribu kilometer.


Bikin Untung Pemerintah, Gaikindo Minta Relaksasi PPnBM Dibikin Permanen

Agar kondisinya tetap prima sampai batas maksimal, cara merawat kopling mobil dengan baik dan benar perlu Anda pahami. Untuk informasi seputar mobil, sekarang sudah banyak situs otomotif online yang membagikan tips-tips menarik dan bermanfaat bagi pemula, seperti website mobilku.org.

Cara Merawat Kopling Mobil Dengan Baik dan Benar

  1. Perhatikan Posisi Kopling Ketika Mengemudi

Tanpa disadari oleh banyak pengemudi, mereka memiliki kebiasaan buruk ketika berkendara yang bisa mempercepat aus pada kopling. Kebiasaan itu adalah mengemudi dengan posisi setengah kopling. Penting untuk dipahami, bahwasannya ini bisa membuat kopling cepat habis dan berisiko terhadap keselamatan Anda ketika berkendara.

Apabila memang tidak bisa menghindari posisi setengah kopling, lakukan ketika suhu kopling sudah menurun. Dengan menghindari kebiasaan tersebut, maka kopling mobil bisa lebih awet.

    2. Tidak Menerjang Banjir

Merawat kopling mobil bisa dimulai dari hal-hal sederhana seperti menghindari berkendara ditengah-tengah banjir. Air yang menggenang mudah sekali masuk ke dalam mesin, sehingga berpotensi mengganggu sistem kopling dan membuatnya cepat rusak.

Lain halnya apabila mobil Anda menggunakan sistem automatic transmission.

     3. Rutin Mengecek Volume Minyak Rem

Volume minyak rem yang kurang pastinya bisa mempengaruhi performa kopling dan membuatnya bekerja kurang maksimal. Oleh karena itu, penting memeriksa volume minyak rem secara rutin agar kopling selalu bekerja dengan baik.

Pertama-tama, Anda perlu mencari tahu di mana posisi kopling mobil. Sebagai contoh pada mobil manual, pedal di sebelah kiri atau yang berada di kaki kiri adalah pedal kopling. Sementara itu, pedal di sebelah kanan merupakan pedal gas, dan pedal di tengah berperan sebagai rem.

Apabila sudah mengetahui posisi kopling, sekarang perhatikan dan pastikan volume minyak masih dalam kadar normal. Segera tambah ketika volumenya kurang, sehingga kopling tidak selip pada saat digunakan.

Mobilku juga menyarankan untuk memperhatikan ketika volume berlebih. Segera kurangi untuk mencegah terjadinya kopling blong.

  1. Menyetel Celah Kopling

Mobil yang biasa dipakai untuk aktivitas sehari-hari umumnya membuat posisi kopling bergeser. Hal ini membuat celah kopling berubah dan perlu dilakukan penyetelan untuk memastikannya dalam posisi aman.

Apabila merasakan ada perubahan, segera setel celah kopling untuk menjaga kelancaran transisi energi dari mesin. Sehingga, kopling mobil tetap terasa nyaman pada saat digunakan.

Bagi pengemudi yang masih awam, untuk melakukan penyetelan celah kopling silahkan memutar mur penyetel menuju arah yang diinginkan.

  1. Tidak Buru-Buru Mengemudi

Maksudnya adalah Anda tidak boleh buru-buru ketika melepas dan menginjak pedal kopling. Kebiasaan buru-buru seperti ini bisa mempengaruhi sentuhan pelat dan flywheel, sehingga membuat kopling menjadi cepat aus.

Tidak hanya itu saja, bagian torsion damper kopling ikut terpengaruh dan bisa mengalami kerusakan. Menginjak dan melepas pedal rem secara perlahan bukan hanya membuat kopling lebih tahan lama, namun berkendara juga lebih nyaman.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai lima cara merawat kopling mobil dengan baik dan benar. Semoga Anda bisa membuat kopling lebih awet dan mencegah kerusakan akibat kebiasaan-kebiasaan buruk.

Cara Mengatasi Mobil yang Terendam Banjir, Tetap Tenang dan Atasi dengan ini

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan