logo


Menlu AS dan Rusia Akan Gelar Pertemuan, Washington: Kami Menginginkan Perdamaian

Pejabat senior Kementerian Luar Negeri AS mengatakan bahwa Menlu Antony Blinken akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Jenewa pada Jumat pekan ini

19 Januari 2022 20:00 WIB

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ABC News

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan berusaha meredakan krisis Rusia-Ukraina ketika ia bertemu dengan menteri luar negeri Rusia Sergey Lavrov di Jenewa pada pekan ini, setelah ia bertemu dengan pemimpin Ukraina di Kiev dan pejabat Eropa di Berlin.

"Amerika Serikat tidak menginginkan konflik. Kami menginginkan perdamaian," kata seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS, Selasa (18/1), dikutip Reuters.

"Presiden (Rusia) (Vladimir) Putin memiliki wewenang untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi eskalasi krisis ini sehingga Amerika Serikat dan Rusia dapat mengejar hubungan yang tidak didasarkan pada permusuhan atau krisis," tambahnya.


Uni Emirat Arab Dibom oleh Kelompok Houthi, Pasukan Arab Saudi Lancarkan Serangan Balasan

Blinken akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba pada hari Rabu. Kemudian ia akan bertolak ke Berlin untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock dan pejabat Inggris, Prancis dan Jerman.

Sebuah pernyataan Departemen Luar Negeri mengatakan diskusi akan fokus sebagian pada kesiapan di antara sekutu untuk memaksakan "konsekuensi besar dan biaya ekonomi yang parah di Rusia."

 

AS Sebut Belarus Ambil Peran dalam Rencana Invasi Rusia ke Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia