logo


Korea Utara Kembali Gelar Uji Coba Rudal Balistik, Kawasan Asia Timur Terancam

Korea Selatan, Jepang dan China mendesak Korea Utara untuk tidak meningkatkan ketegangan di kawasan dengan menguji coba rudal balistik

18 Januari 2022 15:30 WIB

Rudal Balistik Korea Utara
Rudal Balistik Korea Utara istimewa

SEOUL, JITUNEWS.COM - Militer Korea Selatan pada Senin (17/1) mengatakan bahwa negara tetangganya, Korea Utara telah menembakkan dua rudal yang diduga sebagai rudal balistik jarak pendek (SRBM) pada Senin dari sebuah bandara di ibu kota Pyongyang.

Pemerintah China juga mendesak Korea Utara untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan ketegangan di kawasan.

"Kami menyerukan kepada pihak-pihak yang relevan untuk mengingat perdamaian dan stabilitas keseluruhan di semenanjung itu," kata juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian dalam pengarahan harian di Beijing ketika ditanya tentang dugaan peluncuran itu.


Korban Tewas Kerusuhan Kazakhstan Capai 225 Orang

Peluncuran rudal tersebut juga dilaporkan oleh pemerintah Jepang. Kepala sekretaris kabinet Jepang, Hirokazu Matsuno, mengecam kegiatan tersebut dan menilai tindakan tersebut sebagai ancaman terhadap perdamaian dan keamanan di kawasan.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi mengatakan rudal-rudal itu tampaknya telah mendarat di laut lepas pantai timur Korea Utara dan terbukti bahwa Korea Utara sering menggunakan peluncuran itu untuk meningkatkan teknologi misilnya.

"Peluncuran berulang rudal balistik Korea Utara merupakan masalah besar bagi masyarakat internasional, termasuk Jepang," kata Kishi kepada wartawan.

Menurutnya, uji coba tersebut merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB, yang melarang Korea Utara untuk melanjutkan pengembangan rudal balistik.

Inggris Mulai Kirim Senjata Anti-Tank untuk Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia