logo


Tips Memilih Ban Mobil, Coba Perhatikan dan Gunakan Langkah Berikut

Setiap kendaraan pasti memiliki tipe ban yang berbeda-beda. Dari pihak perusahaan biasanya sudah memberikan ketentuan untuk rekomendasi penggunanya.

17 Januari 2022 18:44 WIB

Ban Mobil / Kendaraan
Ban Mobil / Kendaraan autos.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Tips memilih ban mobil akan membantu untuk membuat perjalanan lebih aman dan menyenangkan. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila sebelum mengganti Anda memperhatikannya.

Setiap kendaraan pasti memiliki tipe ban yang berbeda-beda. Dari pihak perusahaan biasanya sudah memberikan ketentuan untuk  rekomendasi penggunanya.

Tetapi tentu saja tidak semua menggunakan sesuai dengan ukuran pabriknya. Dengan beberapa pertimbangan orang biasanya menggunakan yang lebih besar atau kecil.


Serupa Tapi Tak Sama, Ini Kelebihan yang Kamu Dapat Jika Isi Angin Ban dengan Nitrogen

Semua memang bisa saja asalkan sudah melakukan konsultasi pada bengkel mobil terdekat. Selain itu, beberapa hal perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan menggunakannya.

Pasti kita sering mempertimbangkan keawetan sebuah produk yang dibutuhkan setiap hari bukan? Nah salah satu komponen penting dalam ban yang satu ini perlu Anda perhatikan sebelum pembelian. Pasalnya akan membuatnya lebih tahan lama dan pertimbangan kedepannya.

Tim Redaksi berhasil mewawancarai Helda Sihombing selakuContent Manager Otoklix applikasi bengkel mobil. Sehingga tidak akan mengecewakan dalam penggunaan jangka panjang tersebut.

Perhatikan Ukuran Ban

Hal yang paling penting dari membeli ban adalah menyesuaikan ukuran ban aslinya. Seperti yang sempat kita singgung sebelumnya apabila pabrik telah terapkan standar secara khususnya. Maka kita perlu untuk mengikutinya untuk membuatnya bertahan lebih lama tentu saja.

Kita bisa mengeceknya melalui kode yang ada pada bagian pinggir ban tersebut. Biasanya pada permukaan ban tersebut akan ada tulisan tersebut. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari bagaimana membaca kode tersebut,” ucap Helda di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Karena kita bisa mengetahui lebar, ketebalan, diameter bahkan beban maksimumnya. Selain itu, biasanya ban juga bisa kita pilih dari yang berjenis ban dalam atau yang tidak menggunakan ban dalamnya. Masing-masing tinggal sesuaikan saja dengan biasanya dan kebutuhannya.

“Apabila Anda ingin mengganti ukuran akan lebih baik untuk mencari ahli atau bengkel terdekat. Sehingga kita dapatkan saran yang tepat dan tidak membahayakan,” kata dia.

Sesuaikan Tipe dan Jenis Mobil

Tips memilih ban mobil yang selanjutnya adalah menyesuaikan tipe dan jenis mobilnya. Beberapa kendaraan memiliki ketentuan khusus yang tidak bisa kita ganggu gugat. Maka dari itu, perhatikan pada sekitar komponen mobil akan ada tipe dan jenis yang harus kita gunakan.

Mengganti seri ban tanpa menggunakan saran dari seseorang yang mengerti akan berbahaya. Pasalnya ban sendiri berfungsi untuk menahan beban dari penumpang dan keseluruhan kendaraan ini. Sehingga akan lebih baik apabila Anda memperhatikan hal seperti ini sedari awal.

Biasanya pada tipenya terdapat kode seperti pada ukuran ban. Misalnya untuk LT yang artinya Light Truck untuk membawa muatan barang akan support. Selain itu, untuk P yang artinya Passenger atau hal lainnya,” jelasnya.

Banyak sekali kode singkatan dari kata tertentu yang gunakan bahasa Inggris. Maka kita bisa memperhatikannya untuk keamanan dan keselamatan berkendara. Pada berbagai jenis medan dan lokasi kita perlu memperhatikannya.

Ketebalan Ban

Tips memilih ban mobil selanjutnya adalah bagaimana ukuranketebalannya. Pasalnya dengan ketebalan tertentu akan membantu menyeimbangkan mobil ketika berkendara. Selain itu apabila memilih ketebalan yang lebih baik akan memberikan performa mobil dengan lebih baik daripada biasanya.

Apabila ban memiliki ketebalan yang tinggi biasanya akan lebih berkualitas. Bahkan akan terhindar dari adanya berbagai kejadian yang membahayakan. Maka jangan menyepelekan ketebalan ban ketika menggantinya," ucap Helda saat di wawancara di kantor Otoklix di bilangan Senayan.

Usahakan untuk selalu mengajak atau meminta saran dari para profesional. Sehingga akan cocok pada mobil yang akan Anda belikan ban tersebut.

Sesuaikan Kebutuhan

Tips memilih ban mobil yang selanjutnya adalah menyesuaikan penggunaanya. Apabila kebutuhan lebih pada kegiatan sehari-hari dan memiliki medan yang aman atau untuk offroad yang melalui berbagai medan tertentu.

Kita tentu membutuhkan tipe ban dan jenisnya yang secara khusus akan membantu untuk daya performanya. Maka dari itu akan lebih baik kita memperhatikan hal seperti ini. Ketika ban sesuai, maka perjalanan akan lebih aman dan nyaman," tegas Helda saat di wawancarai di kantor Otoklix.

Maka dari itu, Anda bisa memberitahukan pada bengkel tempat membeli kebutuhan mobil tersebut. Sehingga bisa menunjang performa berkendara yang aman dan nyaman.

Cek Tahun Pembuatan

Tips memilih ban mobil yang tidak kalah penting adalah memperhatikan tahun pembuatannya Pasalnya meski merupakan produk bukan untuk konsumsi juga terdapat tanggal kadaluarsa. Apabila Anda menggunakannya lewat dari tanggal tersebut akan membuat kualitasnya menurun tentu saja.

Perhatikan empat angka yang menjadi tanggal ini. Cara membacanya dengan dua angka pertama adalah minggu pembuatannya, misalnya 02 maka dibuat pada minggu kedua.

Sedangkan untuk dua angka belakangnya adalah tahun pembuatannya. Misalnya 19 maka adalah tahun 2019. Kode 0219 merupakan minggu kedua tahun 2019 untuk pembuatannya kala itu.

Meski bukan produk konsumsi, ban yang menggunakan material karet akan berpengaruh pada tahun ini. Pasalnya ketika penyedianya menyimpan terlalu lama tentu ketahanannya akan menurun.

Tips memilih ban mobil yang kita bahas tersebut bisa menjadi referensi untuk Anda. Maka dari itu, perhatikan dan coba menerapkan langkah tersebut untuk pembelian ke bengkel mobil terdekat dan terpercaya Anda.

Inilah 5 Velg Mobil Terlaris di Indonesia untuk Modifikasi.

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar