logo


Ada Gunung Api Bawah Laut yang Meletus, Pantai Barat AS dan Jepang Keluarkan Peringatan Tsunami

Letusan Gunung Api di Pasifik membuat sejumlah wilayah, baik di AS maupun Jepang terpaksa mengeluarkan peringatan tsunami

16 Januari 2022 04:00 WIB

Ilustrasi bencana alam tsunami.
Ilustrasi bencana alam tsunami. Youtube

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pada hari Sabtu (15/1), letusan gunung api bawah laut terjadi di dekat negara Pasifik, Tonga, mendorong negara itu untuk bersiap menghadapi tsunami, dengan gelombang besar memaksa orang keluar dari rumah mereka.

Hal it juga menyebabkan dikeluarkannya paeringatan tsunami dikeluarkan oleh Layanan Cuaca Nasional AS untuk sebagian besar kawasan di pesisir pantai barat, Hawaii dan Alaska.

Peringatan tsunami, dikeluarkan pada pukul 14:34 waktu setempat, yang berlaku untuk negara bagian California, Oregon, Washington, Alaska Tenggara dan Selatan (bersama dengan Semenanjung Alaska), provinsi British Columbia di Kanada dan Kepulauan Aleutian.


Sekjen NATO Bilang Ukraina dan Georgia Dapat Bergabung Menjadi Anggota Aliansi

Peringatan tsunami juga dikeluarkan oleh otoritas Jepang, khususnya untuk pulau Amami selatan dan rantai pulau Tokara di Prefektur Kagoshima, menurut laporan NHK mengutip Badan Meteorologi Jepang. Menurut perkiraan para ahli meteorologi, ketinggian gelombang bisa mencapai tiga meter.

Menurut layanan cuaca, tsunami diperkirakan akan menghantam pantai California antara pukul 7:30 dan 8:10 pagi waktu setempat [15:30-16:10 GMT]. Dalam beberapa jam ke depan, gelombang diperkirakan terjadi di negara bagian Oregon, Washington, dan provinsi British Columbia.

Orang-orang yang tinggal di dekat pantai, pelabuhan, dan daerah pesisir lainnya disarankan untuk menjauhi pantai dan bergerak ke wilayah pedalaman atau ke ketinggian..

"Kami mendapat laporan bahwa kapal sekarang keluar dari air dan di dermaga - mereka telah dipindahkan oleh tsunami," cuit akun Peringatan Tsunami National Dinas Cuaca AS.

PM Singapura Minta Junta Militer Myanmar Tak Diikutkan dalam KTT ASEAN

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia