logo


PM Singapura Minta Junta Militer Myanmar Tak Diikutkan dalam KTT ASEAN

PM Singapura memprotes kunjungan yang dilakukan oleh PM Kamboja ke Myanmar pada pekan lalu

15 Januari 2022 19:15 WIB

PM Singapura Lee Hsien Loong
PM Singapura Lee Hsien Loong Time Magazine

SINGAPURA, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dalam panggilan video pada hari Jumat (14/1), meminta agar junta militer Myanmar tidak diikutsertakan pada setiap pertemuan KTT ASEAN sampai mereka bekerja sama dalam rencana perdamaian yang disepakati.

Menurut pernyataan kementerian luar negeri Singapura, Sabtu (15/1) Loong mendesak ketua baru kelompok regional itu, Kamboja, untuk melibatkan semua pihak dalam konflik Myanmar.

Lee mengatakan kepada PM Kamboja Hun Sen bahwa ASEAN harus terus mengundang perwakilan non-politik dari Myanmar ke pertemuannya dan setiap keputusan untuk mengubah itu "harus didasarkan pada fakta baru".


Pub Milik Petarung UFC Conor McGregor Diserang Bom Molotov, Pelaku Masih Misterius

Pernyataan tersebut ia lontarkan setelah PM Hun Sen pada pekan lalu berkunjung ke Myanmar, di mana ia bertemu dengan Min Aung Hlaing, kepala pemerintahan militer yang dikeluarkan ASEAN dari KTT karena kegagalannya mengimplementasikan rencana penyelesaian konflik saudara dan mengizinkan dialog setelah kudeta tahun lalu.

Komentar serupa sebelumnya sudah dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah, pada Kamis (13/1), dengan mengatakan bahwa beberapa anggota ASEAN merasa Hun Sen seharusnya mendiskusikan perjalanannya ke Myanmar dengan para pemimpin ASEAN, karena dapat dilihat sebagai bentuk pengakuan terhadap pemerintahan junta militer.

"Perdana Menteri Lee berharap Kamboja mempertimbangkan pandangannya dan pandangan para pemimpin ASEAN lainnya," katanya.

Kamboja pada Rabu kemarin telah menunda pertemuan dengan para pemimpin ASEAN, karena beberapa menteri luar negeri negara Asia Tenggara telah menyatakan tidak dapat menghadiri KTT tersebut.

Sekjen NATO Bilang Ukraina dan Georgia Dapat Bergabung Menjadi Anggota Aliansi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia