logo


Sebut Vaksin Booster Harus Gratis, Puan Maharani: Tanggung Jawab Negara

Puan mengatakan bahwa pemerintah harus menjamin keselamatan masyarakat

12 Januari 2022 09:56 WIB

Ketua DPR RI, Puan Maharani
Ketua DPR RI, Puan Maharani Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah memutuskan memberikan vaksin booster kepada masyarakat secara gratis. Sebelumnya, skema pembayaran vaksin booster sempat mendapat tentangan dari Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Puan mengatakan bahwa pemerintah harus menjamin keselamatan masyarakat. Puan meminta pemerintah untuk memberikan vaksin dosis ketiga secara gratis.

"Pemerintah harus menjamin keselamatan masyarakat. Karena itu vaksin booster perlu diusahakan gratis untuk warga, terutama rakyat kecil," kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (12/1).


Tak Masalah Baliho Puan di Lokasi Semeru Dicopot, PDIP Tegaskan Hal Ini

Puan memahami bahwa perekonomian negara belum sepenuhnya pulih. Puan menyebut bahwa vaksin booster harus gratis karena vaksin merupakan kebutuhan dasar rakyat yang menjadi tanggung jawab negara.

"Tapi prinsip yang utama, vaksin booster harus gratis karena vaksin adalah kebutuhan dasar rakyat yang merupakan tanggung jawab negara," ujar Puan.

Puan mengatakan bahwa pemerintah harus memperhatikan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan jika pemerintah hanya ingin menggratiskan kelompok lansia. Tidak sedikit masyarakat tidak mampu belum masuk dalam PBI karena masalah pendataan.

"Dan Pemerintah harus memperhatikan betul data peserta PBI BPJS Kesehatan, mengingat kelompok masyarakat ini paling sulit mendapatkan akses kesehatan," ungkap Puan.

"Pastikan seluruh rakyat kurang mampu masuk dalam daftar PBI BPJS Kesehatan, baik itu lansia atau golongan umum. Sehingga masyarakat dari kelompok tersebut betul-betul mendapat pelayanan kesehatan, tanpa perlu mengkhawatirkan biaya," tutup Puan.

Vaksin Booster Dimulai, PDIP Ingatkan Vaksinasi Dosis 1 dan 2 Jangan Sampai Tertinggal

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata