logo


Setuju Herry Wirawan Dituntut Hukuman Mati, PAN: Semoga Sesuai Ketuk Palu di Hakim

Hukuman mati disebut bisa memberikan efek jera terhadap masyarakat.

12 Januari 2022 09:06 WIB

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto
Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto dok jitunews/khairul anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jaksa penuntut umum (JPU) menyatakan bahwa terdakwa pemerkosa belasan santri, Herry Wirawan dituntut hukuman mati dan kebiri kimia. Tuntutan tersebut dibacakan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/1/2022).

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI  Yandri Susanto mengaku setuju dengan tuntutan JPU. Menurutnya, hukuman mati bisa memberikan efek jera terhadap masyarakat.

"Jadi kalau itu yang menjadi tuntutan Jaksa tentu kita apresiasi setinggi-tingginya. Artinya tuntutan Jaksa itu seiring dan sejalan dengan kemauan masyarakat yang memang mengutuk keras peristiwa itu, perilaku Herry terhadap anak-anak santri itu. Mudah-mudahan hakim juga memutus sama dengan tuntutan Jaksa," kata Yandri kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).


Herry Wirawan Dituntut Hukuman Mati dan Kebiri Kimia, Komnas PA: Sangat Layak Diberikan

"Siapapun anak bangsa ini yang perilakunya menyimpang dan pelaku kejahatan seksual bisa berpikir seribu kali untuk melakukan hal-hal yang tidak manusiawi seperti ini," sambung politikus PAN itu.

Lebih lanjut, ia berharap kasut itu bisa memberi pesan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

"Mudah-mudahan pesan dari Bandung melalui pengadilan di Bandung itu akan menjadi titik awal kita untuk secara serius menangani masalah perilaku kekerasan seksual atau pelecehan seksual di semua daerah termasuk di semua tingkatan, apa itu di masyarakat umum ataupun di lembaga pendidikan," katanya.

"Tapi kita berharap nanti putusan di hakim, ketuk palu di hakim. Mudah-mudahan apa yang dituntut oleh Jaksa itu bisa menjadi pertimbangan dari hakim untuk ikut sama-sama memberikan hukuman yang seberat-beratnya sehingga ada efek jera," pungkasnya.

Keberatan Dituntut Hukuman Mati, Pemerkosa Belasan Santri Herry Wirawan Bakal Ajukan Pembelaan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati