logo


Kritik Dirut PLN Dicopot 2 Tahun Sekali, Dahlan Iskan: Yang Sekarang Maklum, Jokowi Baru Marah

Dahlan berpendapat bahwa Dirut PLN sebaiknya tidak sering diganti

10 Januari 2022 07:13 WIB

Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.
Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menyinggung pencopotan Direktur Utama (Dirut) PLN Zulkifli Zaini. Menurutnya, pencopotan tersebut karena ada sesuatu yang terjadi di tubuh PLN

"Memang kelihatannya PLN ini nasibnya jelek ya. Karena setelah Pak Eddie Widiono itu direksi itu rasanya hanya 2 tahunan," kata Dahlan seperti dikutip dari Youtube Akbar Faizal Uncensored, Minggu (9/1/2022).

Ia lantas mengkritik pergantian Dirut PLN yang sering ganti dua tahun sekali, termasuk saat ia mengisi posisi tersebut. Namun, ia menegaskan bahwa saat itu ia tidak ingin menjabat terlalu lama.


PKS: BUMN Harus Menjadi Lokomotif Pemberdayaan Masyarakat

"Setelah itu kan kira-kira juga cuma 2 tahun, kemudian saya 2 tahun, kebetulan saya memang minta tidak mau lama tapi targetnya tercapai," ujarnya.

"Kemudian setelah saya juga hanya 2 tahun, kemudian 2 tahun lagi, 2 tahun lagi, setidak-tidaknya empat (direktur utama) 2 tahunan," tambahnya.

Dahlan berpendapat bahwa Dirut PLN sebaiknya tidak sering diganti. Pasalnya, posisi Dirut berkaitan dengan perencanaan perusahaan.

"Saya menganggap bahwa direksi itu sebetulnya sebaiknya jangan sering-sering diganti tapi ketika memilih harus betul-betul pilihan yang tepat gitu. Karena kalau sering diganti itu kan nggak stabil kalau di swasta direksi kan panjang-panjang karena itu bisa bikin perencanaan yang agak panjang," bebernya.

Meski demikian, ia memaklumi pergantian Dirut PLN yang terbaru. Ia menyebut pergantian itu karena Presiden Joko Widodo baru saja marah

"Tapi penggantian yang sekarang sih saya maklum karena presiden baru saja marah juga. Kemudian punya tujuan tertentu yang akan datang yaitu harus pindah ke green energy. Sementara anggapan umum sekarang ini PLN itu agak anti green energy, anti dalam pengertian bukan idealismenya, tetapi anti dalam pengertian itungan bisnisnya itu belum masuk," pungkasnya.

RUPS PLN Putuskan Pergantian Direktur Energi Primer

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati