logo


Arab Saudi Minta Kejelasan soal Perkembangan Proses Negosiasi Pemulihan Perjanjian Nuklir Iran

Selama ini, negara-negara di Timur Tengah meminta dilibatkan dalam proses negosiasi pemulihan perjanjian nuklir Iran

9 Januari 2022 08:00 WIB

Proses negosiasi pemulihan perjanjian nuklir Iran di Wina
Proses negosiasi pemulihan perjanjian nuklir Iran di Wina Sputniknews

WINA, JITUNEWS.COM - Utusan Khusus AS untuk Iran Rob Malley pada hari Jumat dikabarkan sudah bertemu dengan duta besar Arab Saudi untuk Organisasi Internasional di Wina guna membahas mengenai perkembangan terbaru proses negosiasi pemulihan perjanjian nuklir antara Iran dan sejumlah negara Barat.

Menurut Al Arabiya, Pangeran Abdullah bin Khalid Al-Saud bertemu dengan Malley setelah pertemuan terpisah dengan pejabat Prancis dan Rusia pada hari-hari sebelumnya, di mana dia diberi kabar terbaru tentang pembicaraan tersebut.

Duta Besar Rusia untuk Wina, Mikhail Ulyanov, mengungkapkan bahwa dia memberi tahu pihak Arab Saudi tentang situasi dalam pembicaraan Wina.


Kerusuhan Besar akibat Pencabutan Subsidi BBM, Mantan Presiden Kazakhstan Minta Semua Pihak Dukung Pemerintah

“Kami juga bertukar pandangan tentang prospek dialog keamanan di wilayah [Teluk],” tulis diplomat Rusia itu dalam Twitter.

Ditanya tentang pertemuan yang dilaporkan antara Pangeran Abdullah dan Malley awal pekan ini, seorang pejabat Departemen Luar Negeri mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa keduanya akan “secara berkala” melakukan pertemuan.

"Keterlibatan ini adalah bagian dari komitmen AS untuk berkonsultasi secara erat dengan mitra regional kami mengenai pembicaraan yang sedang berlangsung,” pejabat itu menambahkan.

Negara-negara Teluk telah lama menuntut untuk diikutkan dalam perundingan, dengan alasan kedekatan geografis mereka dengan Iran dan ancaman langsung yang ditimbulkan oleh program rudal nuklir dan balistik Iran.

Arab Saudi telah menyuarakan dukungannya untuk kesepakatan yang akan menghentikan program nuklir Iran dan memastikan keamanan kawasan.

Presiden Kazakhstan Lapor ke Vladimir Putin jika Kondisi di Negaranya Sudah Mulai Pulih

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia