logo


Kerusuhan Besar-besaran, Kazakhstan Berlakukan Status Situasi Darurat Nasional

Kerusuhan besar-besaran melanda Kazakhstan usai pemerintah negara tersebut mencabut subsidi BBM

6 Januari 2022 11:30 WIB

Kerusuhan di Kazakhstan
Kerusuhan di Kazakhstan Al Jazeera

NURSULTAN, JITUNEWS.COM - Pihak berwenang Kazakhstan telah memberlakukan keadaan darurat di seluruh negeri dalam upaya untuk mengatasi situasi keamanan yang memburuk, setelah demonstrasi meluas dipicu oleh kenaikan harga gas.

Presiden Kassym-Jomart Tokayev mencapai langkah-langkah pembersihan pada Rabu (5/1) malam, beberapa jam setelah mengatakan dia bermaksud untuk bertindak “sekeras mungkin” terhadap kekerasan tersebut.

Semalam, kekuatan darurat diumumkan di bagian-bagian tertentu negara itu, termasuk kota terpadat di negara itu, Almaty. Bekas ibu kota tersebut telah menghadapi kerusuhan sepanjang hari, dimana pengunjuk rasa menyerbu beberapa gedung pemerintah, termasuk istana presiden lama, dan membakarnya.


Militer Jepang Akan Kembangkan Railgun yang Mampu Hadang Rudal Hipersonik

Rekaman yang beredar secara online menunjukkan pengunjuk rasa menyerang petugas polisi dan prajurit militer, dan tampaknya mengambil senjata api mereka. Polisi juga terlihat menembakkan granat gas air mata dan meriam air untuk membubarkan massa. Banyak toko, termasuk yang menjual senjata, dilaporkan telah digeledah, dan perusuh di Almaty dilaporkan telah membobol sejumlah ATM. Bandara internasional kota juga telah diserbu oleh pengunjuk rasa, sehingga seluruh penerbangan terpaksa dihentikan atau dialihkan.

Gelombang protes massa yang sedang berlangsung dipicu oleh kenaikan harga BBM dua kali lipat pada awal tahun baru, setelah pemerintah Kazakhstan memutuskan untuk mencabut subsidi.

Media Korut Konfirmasi Projektil Misterius di Laut Jepang adalah Rudal Hipersonik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia