logo


Eijkman Dilebur ke BRIN, PAN Berharap Bisa Menguatkan dan Mempercepat Produksi Vaksin Dalam Negeri

PAN mengatakan bahwa peleburan tersebut merupakan konsekuensi dari peleburan Kemenristek ke BRIN

2 Januari 2022 15:45 WIB

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tim Waspada Covid-19 dari Lembaga Eijkman (WASCOVE) dilebur ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sekjen PAN, Eddy Soeparno, mengatakan bahwa peleburan tersebut merupakan konsekuensi dari peleburan Kemenristek ke BRIN.

"Memang seluruh kelembagaan yang sebelumnya berada di Kemenristek melebur ke dalam BRIN. Kita lihat ada BPPT, LIPI dan lain-lain itu melebur ke BRIN. Bagi kami meleburnya Eikjman itu sesungguhnya merupakan konsekuensi dari proses peleburan keseluruhan," kata Eddy kepada wartawan, Minggu (2/1).

Wakil Ketua Komisi VII DPR ini mengingatkan agar peleburan jangan sampai mengkebiri rencana lembaga Eijkman. Eddy mengatakan bahwa prioritas utama lembaga Eijkman adalah mengembangkan vaksin dalam negeri.


Klaim Tak Minta Jatah Menteri ke Jokowi, PAN: Kita Bergabung karena Covid-19

"Yang paling penting adalah jangan sampai peleburan itu justru mengkebiri dan mengkerdilkan rencana dari lembaga Eijkman untuk mengembangkan riset bio molekuler. Bio molekuler itu yang selama ini dikembangkan oleh lembaga Eijkman termasuk pengembangan vaksin dalam negeri," ujar Eddy.

"Jadi saya tekankan lagi salah satu prioritas utama dari lembaga Eijkman adalah mengembangkan vaksin dalam negeri, sehingga kami minta peleburan itu jangan sampai menghambat, proses dari produksi vaksin dalam negeri yang saat ini tengah dikembangkan oleh lembaga Eijkman, itu salah satu tolak ukur kami dalam jangka pendek," lanjutnya.

Ia berharap peleburan ini bisa menguatkan dan mempercepat proses produksi vaksin dalam negeri.

"Mudah-mudahan peleburan ini justru akan menguatkan kelembagaan dari Eikjman dan mempercepat proses produksi vaksin dalam negeri," tuturnya.

Eijkman Dilebur ke BRIN, Demokrat Singgung TWK Pegawai KPK

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata