logo


Cacat Produksi, Tesla Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Listriknya dari China

Diantara mobil yang ditarik adalah 19.700 unit Tesla Model S dan sekitar 180.000 unit Tesla Model 3.

2 Januari 2022 05:30 WIB

Elon Musk, CEO Tesla
Elon Musk, CEO Tesla istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Produsen mobil listrik asal AS, Tesla, dikabarkan telah menarik hampir 200.000 unit produk mereka di China karena adanya masalah dengan bagasi dan kap depan yang meningkatkan risiko tabrakan. Hal itu disampaikan oleh otoritas China pada Jumat (31/12), beberapa jam setelah penarikan serupa diumumkan di Amerika Serikat.

Perintah tersebut merupakan pukulan terbaru bagi pelopor mobil self-driving Amerika, yang sangat populer di China meskipun reputasi perusahaan telah terpukul tahun ini menyusul serentetan kecelakaan, skandal dan masalah keamanan data.

Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar China mengatakan bahwa malfungsi terdapat pada bagian kamera cadangan kendaraan yang menyebabkan kap terbuka secara tiba-tiba saat mobil tengah melaju.


Sanksi AS Nggak Dicabut, Pendapatan Huawei Tahun 2021 Kembali Anjlok 29 Persen

Kecacatan produksi ini mencakup tiga batch mobil listrik Tesla yang diproduksi antara tahun 2015 hingga 2020.

Perusahaan kendaraan listrik Elon Musk akan memeriksa mobil secara gratis dan memperbaiki masalah, kata regulator dalam sebuah pernyataan.

Diantara mobil yang ditarik adalah 19.700 unit Model S dan sekitar 180.000 unit Model 3.

Pada mobil Tesla Model 3, pembukaan dan penutupan bagasi berulang kali dapat merusak kabel kamera spion.

"Ini akan mempengaruhi penglihatan pengemudi saat mundur, dan dalam kasus ekstrim akan meningkatkan risiko tabrakan," kata regulator, dikutip AFP.

Pada bulan Juni, raksasa mobil listrik itu menarik lebih dari 285.000 mobil di China karena masalah dengan perangkat lunak penggeraknya yang dapat menyebabkan kecelakaan.

AS Boikot Olimpiade Beijing, Presiden Atletik Dunia: Tak Akan Ada Artinya

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia