logo


Kerap Buat Gaduh, Erick Thohir Dinilai Pantas Copot Ahok dari Komut Pertamina

Dedi menilai Erick perlu mempertimbangkan pencopotan Ahok dari Komut Pertamina

31 Desember 2021 19:03 WIB

Erick Thohir
Erick Thohir Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra menilai Menteri BUMN Erick Thohir perlu mempertimbangkan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dicopot dari jabatan Komisaris Utama PT Pertamina.

Menurutnya, keberadaan Ahok di perusahaan minyak pelat merah itu justru lebih banyak membuat gaduh.

Dedi menyarankan posisi Komut Pertamina diisi oleh sosok yang tidak berkiprah di dunia politik. Posisi strategis Pertamina, kata dia, sebaiknya diduduki orang profesional demi menjaga reputasi perusahaan.


Dibutuhkan Rakyat, Pertamina Diminta Batalkan Penghapusan Premium dan Pertalite

“Saya kira tidak berlebihan kalau Erick Thohir harus mencari pengganti BTP dan tidak melibatkan tokoh politik dalam internal Pertamina. Pertamina ini kan BUMN strategis. Artinya kalo tidak tepat orang yang mengisi akan merusak reputasi,” kata Dedi, dilansir dari FIN, Jumat (31/12).

Dia menyebut Ahok sejauh ini kerap mengeluarkan pernyataan di luar batasnya sebagai komisaris. “Ini bisa mengganggu produktivitas. Kehadiran BTP membuat disharmoni dengan jajaran direksi lain, misalnya BTP berselisih pandang sesama komisaris terkait rencana mogok kerja pegawai pertamina,” tambahnya.

Dedi menambahkan, kegaduhan yang diciptakan Ahok bisa menggerus kepercayaan publik terhadap Pertamina.

“Itu juga berdampak kepercayaan publik ke pemerintah. Dengan dua indikasi itu saya kira, perlu bagi Erick Thohir mengevaluasi kinerja kehadiran dari BTP,” ujar dia.

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih 2 Emas Penghargaan PROPER 2021

Halaman: 
Penulis : Iskandar