logo


Kritik Gubsu Edy yang Jewer Pelatih PON Gegara Tak Tepuk Tangan, PKB: Melukai Hati

PKB meminta pemerintah menciptakan ekosistem yang membuat semangat atlet meningkat

29 Desember 2021 07:45 WIB

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda www.jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyesalkan tindakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang menjewer dan mengusir pelatih biliar Sumut untuk tim PON Papua karena tidak ikut tepuk tangan saat dirinya berpidato. Menurutnya, sikap Edy telah melukai hati seorang pelatih.

"Saya kira (sikap Gubsu) salah, publik juga kalau menghakimi juga wajar. Karena setidak berprestasi apapun semangatnya semua cabor punya potensi dibina, spiritnya kan membina bukan pembinasaan, apalagi mengejek bahkan men-downgrade atau melukai hati seorang pelatih," kata Huda kepada wartawan, Selasa (28/12/2021).

Politikus PKB itu menilai bahwa tindakan Edy mencerminkan kondisi olahraga Tanah Air saat ini. Dimana, faktor luar olahraga lebih mendominasi daripada prestasi olahraga itu sendiri.


Pasien Omicron Lolos Karantina, PKB: Stop Dulu Dispensasi-dispensasi

"Bagaimana sebuah luapan kebencian kepada seseorang tidak proporsional diungkapkan dalam ruang olahraga kita. Jadi PR besar kita, semua elit pimpinan, stakeholder olahraga sekali lagi menempatkan dan menjunjung tinggi setinggi-tingginya dunia olahraga kita yang tidak boleh tercampuri oleh urusan-urusan non-olahraga, terlebih yang sifatnya sentimen pribadi. Saya kira ini potret yang tidak baik," ujarnya.

Lebih lanjut, ia meminta pemerintah menciptakan ekosistem yang membuat semangat atlet meningkat, bukan justru membinasakan dengan cara mengolok-olok pelatih maupun atlet.

"Semacam ini gitu yang ketika tidak berprestasi diolok-olok, dan ketika ada yang berprestasi disanjung-sanjung dikasih hadiah berlebih, saya kira ini tidak pas. Jadi relasinya Pemerintah Daerah adalah semangatnya menciptakan ekosistem, memfasilitasi penciptaan ekosistem pembinaan cabor yang ada di daerah, semangatnya membina bukan membinasakan," pungkasnya.

 

Emosi Dijewer Gubsu Edy, Pelatih Biliar: Gila Hormat, Nengok Atlet Saja Gak Pernah

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati