logo


Indonesia Lolos Final Piala AFF, Shin Tae Yong: Ini Seperti Neraka dan ke Surga

Shin Tae-yong awalnya terlihat tegang saat tim Singapura menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

26 Desember 2021 05:00 WIB

Indonesia lolos final Piala AFF 2020
Indonesia lolos final Piala AFF 2020 ist

SINGAPURA, JITUNEWS.COM -  Timnas Indonesia berhasil mencetak gol 4-2 lawan Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Banyak drama yang mewarnai pertandingan itu, bahkan sang pelatih Shin Tae-yong mendiskripsikan laga melawan Singapura seperti berada di neraka dan surga.

Shin Tae-yong awalnya terlihat tegang saat tim Singapura menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

"Karena (Timnas Indonesia) tidak fokus untuk set-piece jadi sampai bisa dikatakan pertandingan ini seperti neraka dan ke surga," kata Shin Tae-Yong dalam jumpa pers usai laga, Sabtu (25/12/2021).


Optimis Timnas ke Final, LaNyalla: Hasil Imbang Lawan Singapura Harus Jadi Warning Menuju Juara

"Bagian (antsipasi set-piece) itu harus diperbaiki khususnya para pemain masih muda, kontrol pertandingan sedikit berkurang. Jadi untuk kedepannya harus lebih menunjukkan lagi perkembangan," ujarnya.

Kemenangan tim Garuda diawali dengan cetakan gol dari Wazra Walian pada menit ke-11. Indonesia pun unggul 1-0 atas Singapura.

Pada akhir babak pertama, Singapura mendapat kartu merah. Namun tidak lama kemudian Song Ui-yong berhasil menyamakan kedudukan 1-1. Keadaan pun menjadi memburuk bagi Singapura karena Irfan Fandi diusir wasit pada menit ke-67.

Singapura kemudian unggul pada menit ke-74 dengan skor 2-1 lewat gol tendangan bebas Shahdan Sulaiman. Pada menit ke-87, Pratama Arhan berhasil membawa Timnas Indonesia menyamakan kedudukan 2-2. Namun rupanya, gol itu sedikit kontroversi karena Arhan tertangkap dalam posisi offside sebelum menyambar bola.

Indonesia kembali unggul 3-2 saat laga baru berjalan semenit dalam babak tambahan. Shawal Anuar mencetak gol bunuh diri. Momen itu pun menyita perhatian karena Irfan Jaya terlihat dalam posisi offside. Meski tidak menyentuh bola, Irfan Jaya terlihat aktif atas gagalnya Shawal Anuar menyapu bola hingga akhirnya mencetak gol bunuh diri.

Pada babak kedua tambahan waktu, Egy Maulana berhasil membawa Timnas unggul 4-2. Hal itu tentu membuat Singapura semakain terbenam. Apalagi, kiper Singapura Hassan Sunny mendapat kartu merah.

 

Indonesia Menang 4-2 Lawan Singapura, Maruf Amin: Terima Kasih Shin Tae Yong-Pemain

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati