logo


Serikat Pekerja Pertamina Ancam Mogok Kerja, Demokrat: Tidak Perlu Memperkeruh Keadaan

Tidak perlulah mangambil upaya dengan mengancam untuk mogok kerja karena akan memperkeruh keadaan

24 Desember 2021 15:14 WIB

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Tersiar kabar adanya ketidakharmonisan antara Direksi dan serikat Pekerja Pertamina.

Anggota DPR RI. Herman Khaeron sangat menyayangkan adanya disharmoni tersebut, yang semestinya Serikat Pekerja Pertamina bisa duduk barsama dan menyampaikan tuntutanya secara baik-baik kepada direksi pertamina.

“Tidak perlulah mangambil upaya dengan mengancam untuk mogok kerja karena akan memperkeruh keadaan dan mengganggu kinerja pertamina secara koorporasi,” ujarnya di Jakarta, Jumat (24/12/2021).


Pertamina Dukung Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendanaan UMK di Tasikmalaya

Politisi Demokrat ini menyebut bahwa ada kepentingan yang lebih besar kedepan bagaimana mewujudkan pertamina menjadi BUMN yang kuat dan kontributif bagi rakyat, bangsa dan negara.

“Tentu kita tahu bahwa Pekerja adalah instrumen penting dalam sistem perusahaan, oleh karenanya kinerja perusahaan akan sangat ditentukan oleh kinerja pekerjanya, namun Direksi juga sebagai pimpinan dan pengatur jalannya roda perusahaan memiliki kewenangan dan menentukan arah kebijakan koorporasi, harus harmoni keduanya,” kata dia.

Dalam hal ini, Herman tetap menghargai aspirasi dan tuntutan serikat pekerja pertamina, namun harus dipahami juga bahwa kebijakan pertamina sebagai BUMN tidak terlepas dari kebijakan pemerintah.

“Saya memahami apa yang terjadi di dalam, oleh karenanya duduklah bersama dan janganlah karena ada tuntutan yang belum direalisasi menuntut direksi dipecat,” kata Herman.

“Kita pasti tahu bahwa segala pergerakan serikat pekerja biasanya sangat berpengaruh terhadap stabilitas dan kredibilitas perusahaan, dan jangan sampai menjadi bumerang, maksudnya untuk kebaikan pekerja, tetapi dampak eksternalnya menjadi tidak baik,” pungkasnya.

Sebut Wajar Pekerja Pertamina Marah Gegara Potong Gaji, Ahok: Apalagi Direksi Tidak Dipotong

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar