logo


Sebelum Buka Usaha, Pelajari Analisis Peluang Ini Biar Sukses

Dengan adanya analisa peluang usaha, bisnis akan lebih efisien dan terstruktur

22 Desember 2021 08:34 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Perlunya analisis peluang usaha sangat berguna buat para pengusaha pemula, kadang saking pedenya dan berbaik sangka terhadap rencana bisnisnya sampai-sampai tidak sedikit yang babak belur di tahun pertama. Dengan adanya analisa peluang usaha, bisnis akan lebih efisien dan terstruktur serta kesuksesan lebih mudah diraih, demikian kata Kunadheun, founder Bizbox.id

Dijelaskan oleh Kuna, sapaan karibnya, apabila analisis peluang usaha ini terkait erat dengan strategi perusahaan dan ide bisnis baru untuk dieksekusi. Hal Ini disebabkan analisis peluang usaha sangat berguna untuk menyusun strategi perusahaan, penjualan, hingga membuat ide bisnis baru.

“Melalui analisis peluang usaha ini, akan banyak hal penting yang bisa Anda ketahui seperti menetapkan strategi pemasaran yang tepat, mengetahui berapa lama usaha dapat berjalan hingga mengetahui jika usahanya memang layak dijalankan,” kata Kuna.


Tak Usah Bingung, Ini 7 Tips Memilih Bisnis Franchise

Kemudian, masih kata kuna, ada beberapa variabel yang patut dicatat agar usaha bisa sustain dan membesar, untuk lebih jelasnya, bisa disimak ulasan berikut ini:

Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha

Cara paling mudah dan tidak ribet terkait analisis peluang usaha bisa dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dengan demikian, Anda bisa dengan bijak mengambil keputusan demi kemajuan usaha Anda. Disisi lain, Anda juga memiliki opsi usaha yang sedang dijalani dilanjutkan atau disudahi dengan mengganti unit usaha baru.

Mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki bisnis Anda dapat  menjadi salah satu cara untuk menganalisis peluang usaha. Dari analisis SWOT tersebut dapat dibedakan 2 jenis analisis yaitu faktor internal (kekuatan dan kelemahan bisnis) dan  faktor  eksternal (peluang dan ancaman).

Strength (Kekuatan)

Yang dimaksud dengan kekuatan adalah keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis yang akan Anda jalankan. Kekuatan utama bisnis ini bisa memengaruhi secara positif baik untuk saat ini maupun di masa mendatang. Kekuatan bisnis bisa diketahui dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:

  • Apa saja keunggulan dari perusahaan?
  • Apa kelebihan yang dimiliki perusahaan yang tidak dimiliki oleh perusahaan pesaing?
  • Apa saja keunikan perusahaan Anda?
  • Apa hal utama yang membuat perusahaan sukses dalam penjualan selama ini?
  • Apa saja keunggulan perusahaan dimata konsumen?

Weakness (Kelemahan)

Weakness merupakan kelemahan perusahaan, yang dapat berpengaruh secara negatif pada perusahaan di saat ini ataupun di masa mendatang.

Anda bisa menganalisisnya dengan beberapa pertanyaan sebagai berikut:

  • Apa yang bisa diperbaiki oleh perusahaan ?
  • Apa yang sebaiknya yang harus dihindari oleh perusahaan ?
  • Faktor apa saja yang membuat  penjualan perusahaan menurun?
  • Apa kelemahan perusahaan dari kacamata konsumen?
  • Apa saja sepak terjang kompetitor sehingga pesaing lebih baik dari perusahaan Anda?

Opportunities (Peluang)

Opportunities merupakan peluang yang dimiliki oleh perusahaan sehingga mempunyai kesempatan untuk dapat berkembang di masa mendatang. Pertanyaan yang bisa diajukan adalah:

  • Kesempatan apa yang dimiliki oleh perusahaan saat ini?
  • Hal apa yang sedang tren dan sejalan dengan perusahaan Anda?

Threats (Ancaman)

Threats merupakan ancaman yang mungkin bisa menjadi kendala bagi perusahaan untuk dapat berkembang. Pertanyaan yang sesuai adalah:

  • Apa saja kendala yang  dihadapi oleh perusahaan saat ini?
  • Hal apa yang sedang atau telah dijalankan oleh kompetitor perusahaan?
  • Kemajuan teknologi apa yang menjadi ancaman untuk perusahaan?
  • Apa saja peraturan pemerintah baru yang sekiranya akan mengancam kemajuan perusahaan Anda?

Pertanyaan tersebut di atas sangat bermanfaat bagi Anda sebagai pemilik bisnis maupun stakeholder  untuk memetakan berbagai masalah dan segala solusinya. Terkadang karena ribet dengan urusan pribadi, ide sesederhana apapun terasa sulit diekseskusi. SWOT mengakomodir

Pihak yang berkepentingan dengan perusahaan dapat menetapkan strategi saat ini maupun di masa mendatang. Dengan adanya 4 faktor yang saling terkait ini akan memudahkan perusahaan untuk mencapai visi dan misinya. Roadmap yang sudah terencana akan lebih mudah dilaksanakan dan bebas dari drama tak berkesudahan.

5 Usaha Ternak yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Halaman: 
Penulis : Vicky Anggriawan