logo


Azis Syamsuddin Jadi Terdakwa, Akui Kecewa pada Mantan Penyidik KPK

Azis mengaku kecewa menjadi terdakwa atas kasus suap yang menyeretnya.

21 Desember 2021 05:21 WIB

Azis Syamsuddin
Azis Syamsuddin Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Azis Syamsuddin mengaku kecewa terhadap eks penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju atas penetapan dirinya sebagai terdakwa.

Diketahui, Azis didakwa dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 13 UU Tipikor Jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

"Terakhir ini, saya dengan saudara saksi pertama saya kecewa. Karena dengan permasalahan ini, saya menjadi posisi terdakwa," kata Azis di ruang persidangan Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (20/12) malam.


Jika Formula E Tak Jadi Digelar Juni 2022, Ferdinand Minta Anies Baswedan Dipenjarakan

Robin yang didatangkan sebagai saksi sontak menyampaikan permintaan maaf kepada Azis.

"Hanya permohonan maaf kepada terdakwa karena terjerat dalam permasalahan ini," ucap Robin usai dipersilakan hakim untuk berbicara.

Sementara itu, Plt. Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri menyebut Robin selalu menutupi peran Azis selama masa penyidikan hingga penuntutan.

"Stepanus Robin Pattuju selama di persidangan tidak mengakui perbuatannya menerima sejumlah uang dan diduga justru sengaja menutupi peran dari Azis Syamsuddin," ujar Ali, dilansir dari cnnindonesia.com.

Robin, dalam persidangan, menampik pernah menerima uang dari Azis soal pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P Kabupaten Lampung Tengah Tahun Anggaran 2017. Dia mengaku hanya mendapat Rp200 juta sebagai pinjaman dan belum mengembalikannya.

"Saya komunikasi dengan Maskur (Maskur Husain, pengacara) dan dukung Maskur untuk pinjam (uang), lalu Maskur cari berita di internet terkait terdakwa (Azis Syamsuddin) lalu ada berita soal Lampung Tengah dan menyampaikan hal tersebut ke terdakwa untuk sedikit menakut-nakuti sehingga memberikan pinjaman Rp200 juta," terang Robin.

Gugat Perpol Pengangkatan Novel Cs ke MA, PEREKAT: Bertentangan dengan Peraturan yang Lebih Tinggi

Halaman: 
Penulis : Iskandar