logo


Menhan Inggris: Tidak Mungkin Ada Negara yang Akan Kirim Pasukan ke Ukraina untuk Menantang Rusia

Menhan Inggris mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengirimkan pasukan ke Ukraina meski Rusia memutuskan untuk meningkatkan situasi ketegangan di sekitat negara tetangganya tersebut

20 Desember 2021 10:00 WIB

Tentara Rusia
Tentara Rusia sputniknews

LONDON, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan bahwa pihaknya "sangat tidak mungkin" mengirim pasukan tentara Inggris ke Ukraina jika Rusia mulai menerapkan dugaan rencananya untuk eskalasi situasi di sekitar Ukraina.

"Fakta bahwa [Ukraina] bukan anggota NATO, jadi sangat tidak mungkin ada negara yang akan mengirim pasukan ke Ukraina untuk menantang Rusia... Kita seharusnya tidak menipu orang tentang hal itu," kata Wallace, seperti dikutip Sputniknews.

Menteri pertahanan menambahkan bahwa rakyat Ukraina juga sudah "sadar akan hal itu."


China Ancam Jatuhkan Sanksi Balasan terhadap AS

Pada awal Desember, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa baik AS maupun NATO tidak memiliki komitmen untuk membela Ukraina jika terjadi eskalasi. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg juga mengatakan bahwa selama Ukraina bukan anggota aliansi, ia tidak memiliki jaminan keamanan yang sama dengan negara-negara NATO.

Rusia telah berulang kali membantah tuduhan negara-negara Barat dan Ukraina tentang "tindakan agresif", dengan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki niat untuk mengancam atau menyerang negara mana pun.

Namun, Kiev dan beberapa negara Barat baru-baru ini menyatakan keprihatinan tentang dugaan peningkatan "tindakan agresif" Rusia di dekat perbatasan Ukraina. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Rusia memindahkan pasukannya di dalam wilayahnya dan atas kebijaksanaannya sendiri.

AS Siap Gelar Diskusi dengan Rusia terkait Penurunan Konflik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia