logo


Joseph Suryadi Jadi Tersangka Sebar Chat Hina Nabi, Muhammadiyah: Proses Sesuai Hukum, Bukan karena Tekanan

ekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti meminta parat kepolisian memproses kasus Joseph Suryadi secara profesional

16 Desember 2021 08:38 WIB

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu\'ti.
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Polisi telah menetapkan Joseph Suryadi tersangka tersangka kasus penodaan agama. Polisi mengatakan bahwa Joseph telah mengakui perbuatannya menyebar chat yang berisi penghinaan kepada Nabi Muhammad SAW.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti meminta aparat kepolisian memproses kasus Joseph Suryadi secara profesional. Ia menyayangkan kasus penodaan agama terjadi ditengah kondisi umat yang bekerjasama untuk kemanusiaan.

"Polisi harus bertindak profesional dalam menangani kasus Joseph Suryadi. Proses hukum harus berjalan sesuai dengan prinsip keadilan, bukan karena ada tekanan," kata Abdul Mu'ti kepada wartawan, Rabu (15/12/2021).


Sesalkan Kontes Waria Berkedok Khatam Al-Quran di Sulbar, Muhammadiyah: Tidak Lazim!

"Siapapun harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum. Kalau terbukti bersalah harus ditindak sesuai hukum yang berlaku," sambungnya.

Abdul Mu'ti mengingatkan kepada semua pihak untuk berhati-hati dalam menyampaikan pernyataan. Ia pun meminta masyarakat tetap tenang dengan adanya kasus tersebut. Ia yakin aparat kepolisian akan menindak tegas Joseph Suryadi.

"Sebaiknya semua pihak lebih berhati-hati dalam membuat pernyataan sehingga tidak menyakiti pihak lain. Dalam situasi pandemi COVID-19 kita membutuhkan ketenangan. Sangat disayangkan jika ada pihak yang menista agama lain justru pada saat umat beragama aktif menggalang kerja sama antar-iman dalam masalah kemanusiaan," ucap dia.

Sebelumnya, ramai tanda tagar alias tagar #TangkapJosephSuryadi di media sosial. Joseph disebut melakukan penistaan agama karena mengunggah dua buah foto yang diduga terkait kasus itu.

Pada foto pertama, terlihat seorang pria berkacamata yang tidak disebutkan identitasnya, apakah itu Joseph Suryadi atau bukan. Kemudian pada foto kedua, menunjukkan tangkapan layar dari grup WhatsApp yang menampilkan karikatur wanita dan pria.

Pada karikatur tersebut tedapat tulisan sosok Aisyah dan Nabi dengan kalimat yang tidak pantas. Bahkan tulisan itu dikaitkan dengan kaus HW pelaku pemerkosaan terhadap belasan santriwati di Bandung.

 

Viral Joseph Suryadi Nistakan Agama, Polisi: Dia Ngaku Handphone Hilang

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati