logo


Rachel Vennya Beri Rp40 Juta Agar Lolos Karantina, Mahfud Md Minta Diusut

Mahfud mengatakan bahwa hal itu merupakan bentuk pungli

15 Desember 2021 13:07 WIB

kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam Mahfud Md menanggapi suap Rp40 juta yang diberikan Rachel Vennya kepada Ovelina Pratiwi supaya lolos dari karantina. Mahfud mengatakan bahwa hal itu merupakan bentuk pungli. Mahfud meminta hal itu diusut hingga tuntas.

"Ya makanya saya singgung itu (suap Rachel Vennya) termasuk dari pungli, biar nanti diproses secara hukum. Kan ada hukumnya," kata Mahfud di Jakarta, Rabu (15/12).

"Jadi yang saya baca di pengadilan, itu pengakuannya: Saya (Rachel Vennya) bayar ke mbak ini Rp40 juta, lalu disetor ke ASN suatu institusi itu sekian. Nanti saya mau sampaikan agar itu diusut, biar nggak biasa melakukan itu," lanjutnya.


Rachel Vennya Beri Rp40 Juta Agar Lolos Karantina, Kemenkes Serahkan ke Aparat Hukum

Mahfud mengatakan bahwa yang terpenting adalah kesadaran moral warga negara. Mahfud ingin masyarakat memiliki kesadaran moral dan patuh hukum.

"Iya penindakan, tetapi itu tadi, yang penting bagi saya sebenarnya kesadaran moral itu diutamakan oleh setiap warga negara. Kalau kita ini kan penegak hukum, jadi pakai pasal undang-undang nomor berapa, pasal berapa, kita tentukan. Tapi nggak semua, kita semua itu di luar hukum punya kesadaran moral," ujarnya.

"Ya pastilah (harus diusut), itu kan dalil hukum, nggak pandang bulu, gitu ya," imbuhnya.

Hormati Vonis Kasus Rachel Vennya, Politikus PDIP: Kita Ambil Postifnya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata