logo


Isu Mulan Jameela soal Karantina, Formappi: Keistimewaan Membuat DPR Seenaknya

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela disebut jalan-jalan ke luar rumah di tengah masa karantina

14 Desember 2021 09:05 WIB

Pengamat FORMAPPI Lucius Karus (kanan).
Pengamat FORMAPPI Lucius Karus (kanan). dok. Jitunews

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela, disebut menjalani karantina mandiri sepulang dari Turki. Mulan Jameela disebut jalan-jalan ke luar rumah di tengah masa karantina. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai bahwa perilaku tersebut tidak layak dicontoh.

"Heboh soal Mulan Jameela yang jalan-jalan di tengah masa karantina sepulang dari luar negeri kembali menunjukkan perilaku pejabat kita yang tak layak dicontoh. Perilaku pejabat yang seenaknya, dan tidak peduli orang lain," peneliti Formappi, Lucius Karus, Senin (13/12).

Menurutnya, tidak patuhnya Mulan terkait masa karantina tidak terlepas dari keistimewaannya sebagai anggota DPR. Lucius menyebut keistimewaan tersebut dimanfaatkan untuk sesuka hati.


Sahroni Dukung Menag Investigasi Pesantren: Jangan Sampai Jadi Sarang Predator

"Ketakpatuhan pada tenggat waktu isolasi Mulan tak lepas dari keistimewaan yang diterima anggota DPR, yang beda dari warga lain bisa menjalankan karantina mandiri setiba dari luar negeri. Keistimewaan ini membuat DPR seenaknya karena merasa sudah diperlakukan istimewa. Keistimewaan itu dimanfaatkan oleh anggota DPR untuk sesuka hati," katanya.

Lucius menyebut kebijakan yang mengistimewakan anggota DPR dinilai irasional. Menurutnya, tidak ada pengawasan yang jelas dalam pelaksanaan karantina tersebut.

"Kekonyolan sesungguhnya datang dari kebijakan irasional yang memberikan diskresi khusus bagi anggota DPR untuk isoman. Kebijakan ini nampak konyol karena tak jelas bagaimana mengawasi pelaksanaan isoman tersebut. Tak heran ketika Mulan merasa tak sungkan untuk jalan-jalan ke mal padahal masa karantina mestinya belum berakhir," tuturnya.

NasDem Bela Mulan Jameela dengan Sebut DPR Setara Presiden, Istana: Tidak Usah Dibawa ke Mana-mana!

Halaman: 
Penulis : Admin