logo


Sebut HAM Dikikis Habis di Periode Kedua Jokowi, KontraS: Pelanggaran Semakin Berulang dan Marak

KontraS sebut dalam rentan waktu Desember 2020-November 2021 terdapat kasus pelanggaran HAM dengan pola yang terus terulang

10 Desember 2021 16:18 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Fatiya Maulidiyanti mengatakan bahwa upaya memperjuangkan hak asasi manusia (HAM) makin terkikis di periode kedua pemerintahan Joko Widodo. Ia menyebut pelanggaran HAM semakin marak terjadi.

"HAM dikikis habis, di mana kami lihat kondisi setahun terakhir, bentuk pelanggaran HAM justru semakin berulang dan marak tindakan represif pada warga negara," kata Fatiya dalam diskusi daring Hari HAM 2021, Jumat (10/12/2021).

Ia menyatakan bahwa dalam rentan waktu Desember 2020-November 2021 terdapat kasus pelanggaran HAM dengan pola yang terus terulang. Pola tersebut, kata dia, mencakup doxing, peretasan, penangkapan sewenang-wenang, hingga penyiksaan.


Hari HAM Sedunia, Puan: RUU TPKS Jadi Pelindung Hak Perempuan

Selain itu, kasus pelanggaran HAM yang paling mencuat yaitu terkait kebebasan berekspresi. Ia mencontohkan seperti isu terkait Papua, PPKM, isu perubahan iklim, dan tingkah laku pejabat.

Sementara itu, Koordinator Kontras lainnya yakni Rivanlee Anandar mengatakan ada 24 peristiwa terkait serangan siber kepada masyarakat sipil. Ia mengatakan serangan siber paling banyak pada kasus korupsi yang meliputi doxing, peretasan, kriminalisasi dengan UU ITE.

"Kondisi ini membuat publik menjadi enggan menyampaikan kritik karena ruang di dunia nyata sudah mendapat ancaman dari aparat, tapi di medsos juga muncul ancaman beragam," ujarnya.

KPK Respons Permintaan Jokowi untuk Segera Tangkap Koruptor Buron

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati