logo


Nyalon Jadi Ketum PBNU Lagi, Said Aqil: Diperintah Kiai Sepuh

Said terlebih dahulu menjalankan sejumlah laku spiritual untuk mematangkan langkahnya.

9 Desember 2021 09:25 WIB

Ketua PBNU, Said Aqil Siradj.
Ketua PBNU, Said Aqil Siradj. Antara

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Said Aqil Siraj memastikan dirinya kembali maju sebagai calon Ketua Umum PBNU dalam Muktamar ke-34 NU di Provinsi Lampung, pada 23-25 Desember 2021. Dia mengaku diminta memimpin PBNU lagi oleh sejumlah kiai sepuh.

“Saya terima permintaan atau perintah dari para kiai sepuh,” kata Said, dilansir dari Pojoksatu.id, Kamis (9/12).

Adapun kiai sepuh yang dimaksud adalah Habib Luthfi (Perkalongan), Tuan Guru Turmudzi (Lombok), Kiai Muhtadi Dimyathi (Banten), Kiai Dimyati Rois (Kendal), Kiai Agoes Ali Masyhuri (Sidoarjo), dan Kiai Bustomi (Tasikmalaya).


Jadi Caketum PBNU, Said Aqil Tegaskan Tak Terobsesi Jadi Wapres

Said mengatakan tak langsung menjalankan permintaan kiai sepuh itu. Dia terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai hal, salat istikharah, hingga ziarah ke makam aulia, antara lain Habib Luar Batang, Sunan Gunung Jati, Sunan Ampel Surabaya, dan Gus Dur.

“Setelah ziarah ke makam para aulia itu, saya mendapatkan ketenangan dan ketetapan hati,” jelasnya.

Ketua umum PBNU dua periode itu juga mengaku mendapat dukungan dari Pengurus Wilayah dan Cabang NU. Selain itu, Said ingin melanjutkan program yang telah dijalankan, seperti membangun Universitas Nahdlatul Ulama, Institut Teknologi dan Sains NU. Di masa kepemimpinan Said sejak 2010, NU telah mendirikan 43 perguruan tinggi.

Ini Janji Said Aqil Jika Terpilih Jadi Ketum PBNU Lagi

Halaman: 
Penulis : Iskandar