logo


Olaf Scholz Resmi Dilantik Jadi Kanselir Jerman, Gantikan Angela Merkel

Olaf Scholz Scholz melakukan pengambilan sumpah jabatan sebagai kanselir baru Jerman pada Rabu (8/12)

8 Desember 2021 20:00 WIB

Olaf Scholz resmi dilantik menjadi kanselir Jerman yang baru, menggantikan Angela Merkel
Olaf Scholz resmi dilantik menjadi kanselir Jerman yang baru, menggantikan Angela Merkel BBC

BERLIN, JITUNEWS.COM - Politikus Partai Demokratik Sosial Jerman (SPD) Olaf Scholz pada Rabu (8/12) resmi dilantik sebagai kanselir baru, menggantikan posisi Angela Merkel yang telah memimpin pemerintahan negara itu selama 16 tahun.

Dipandu oleh ketua parlemen Jerman (Bundestag), Baerbel Bas, Scholz melakukan pengambilan sumpah jabatan setelah sebelumnya mengamankan mayoritas parlemen dengan raihan 395 dari 707 suara.

Pria yang pernah didapuk sebagai menteri keuangan Jerman tersebut berhasil memimpin Partai SPD menuju kemenangan dalam pemilu Jerman yang digelar pada 26 September kemarin meski partainya sempat mengalami keretakan di awal tahun 2021 ini.

"Kita memiliki peluang untuk memulai permulaan yang baru di Jerman," tutur Scholz kepada jajaran SPD pada akhir pekan kemarin.

Pemerintah baru Jerman tersebut memiliki rencana ambisius untuk memerangi perubahan iklim dengan menghapus batu bara lebih awal dan berfokus pada energi terbarukan, tetapi prioritas awal mereka adalah mengatasi pandemi virus corona.

Otoritas kesehatan telah mencatat 69.601 kasus infeksi Covid-19 dalam 24 jam terakhir dengan 527 kematian - jumlah tertinggi sejak musim dingin lalu.


Australia Boikot Olimpiade Beijing dengan Alasan Pelanggaran HAM, Begini Reaksi China

Pakistan-China Tingkatkan Kemampuan Tempurnya, India Bisa Diserang dari Semua Sisi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia