logo


PPKM Nataru Resmi Dibatalkan, PKS: Kepercayaan Publik Bisa Kian Merosot

kebijakan yang berubah-ubah semacam ini akan membuat publik tidak menghiraukan peraturan prokes yang akhirnya dapat membuat covid-19 kembali melonjak naik.

8 Desember 2021 14:23 WIB

Mardani Ali Sera
Mardani Ali Sera Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pemerintah resmi membatalkan Aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang rencananya diterapkan saat libur Natal dan Tahun Baru.

Politisi PKS, Mardani Ali Sera menilai kebijakan yang berubah-ubah semacam ini akan membuat publik tidak menghiraukan peraturan prokes yang akhirnya dapat membuat covid-19 kembali melonjak naik.

“Waspada harus tetap dikedepankan. Sudah cukup kebijakan plin-plan seperti yang lalu dan akhirnya terjadi lonjakan masyarakat yang terpapar Covid-19,” katanya.


Minta Rakyat Tak Lengah Meski PPKM Level 3 Nataru Batal, PDIP: Jangan Anggap Kekebalan Kita Kuat

Selain itu, kebijakan yang berubah-ubah juga akan membuat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah akan menurun.

“Selain timbul kesan tidak profesional dalam mengelola pemerintahan kepercayaan publik bisa kian merosot. Jangan sampai masyarakat jadi apatis atas berbagai kebijakan pemerintah,” tuturnya.

Dalam hal ini, Mardani juga menyoroti pernyataan pemerintah dalam membatalkan PPKM level 3 karena kondisi Covid-19 membaik dan vaksinasi di Jawa-Bali sudah mencapai target.

Mardani berpendapat bahwa alasan tersebut kurang tepat karena sampai saat ini krisis corona varian Delta belum berakhir, kasus ini belum lagi adanya corona varian Omicron yang sudah merebak di Afrika.

“Dan juga sekali lagi capaian vaksinasi hanya di Jawa-Bali. Mestinya diiringi dgn meningkatkan respons dalam negeri,” tuturnya.

Sebagai pengingat, kata Mardani, kebijakan yang dihasilkan tanpa basis ilmiah akan menyulitkan untuk mengukur efektivitas intervensi kebijakan tersebut dalam menangani urusan publik, terlebih di masa pandemi seperti ini.

“Dengan begitu, kita bisa kehilangan referensi menangani hal serupa di masa depan. Lalu sinergi pemerintah pusat serta daerah jangan kendur. Peraturan turunan juga mesti jelas agar masyarakat tidak bingung dan jangan membuat kasus Covid-19 kembali naik,” tukasnya.

PPKM Level 3 Dibatalkan, PDIP: Pemerintah Pasti Telah Dengarkan Masukan dari Berbagai Pihak

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar