logo


Peneliti IDP-LP Sebut Gubernur DKI Jakarta Hilang Fokus Tangani Banjir

dia memastikan daya dukung pemerintah DKI Jakarta juga berlimpah dalam upaya pengendalian banjir

8 Desember 2021 13:37 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM-Peneliti Kebijakan Publik Institute for Development of Policy and Local Partnership (IDP-LP), Riko Noviantoro menyoroti persoaan banjir di kota Jakarta yang kerap disebut sebarai langganan ibu kota sejak era kolonial kota bernama Jayakarta.

"Dalil seperti ini yang sering muncul di permukaan. Seolah banjir jadi ritual bencana untuk warga Jakarta," ujarnya di Jakarta

Sepatutnya, lanjut Riko era kepemimpinan Anies ini bisa bikin terobosan pengendalian banjir. Karena sudah berlimpah kajian serta riset pengendalian banjir. Bahkan para ahli di Jakarta juga berlimpah.


Banyak Piala Tak Pengaruh, Abu Janda Sebut Anies Baswedan Selalu Diingat sebagai Gubernur Produk 212

Tidak itu saja, dia memastikan daya dukung pemerintah DKI Jakarta juga berlimpah dalam upaya pengendalian banjir. Hanya saja semua potensi itu diabaikan Anies.

"Dengan kata lain Anies tidak Fokus pada upaya pengendalian banjir, " ujarnya.

Anies, sambung Riko terllai fokus pada soal pencitraan utk modal politik pilpres. Dengan mendorong kebijakan tidak produktif, antara lain soal balapan formula E dan hal lainnya.

Menurutnya kualitas Anies memahami persoalan publik sudah mumpuni. Ditambah dukungan tim ahli dan anggaran memadai.

Sayangnya, hal itu tak dilakukan. Lebih memilih urus hal lain yang tidak punya ruang kepentingan yang lebih luas bagi masyarakat.

"Dulu Anies punya program sumur resapan dan naturalisasi sungai. Gagasan itu bagus hanya tidak diterapkan optimal," tegasanya.

Untuk itu, Riko meminta Anies kembali fokus soal banjir. Abaikan sementara hal lain yang hanya mendongkrak popularitas semata.

"Percayalah kalau Anies bisa selesaikan masalah banjir, sudah cukup modal untuk maju pada kontetasi politik yang lebih besar,” tukasnya.

Tagih Janji Anies Revisi SK UMP, Buruh: Kami Datang Lagi, Menaker Tidak Mengerti!

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar