logo


Pentagon Konfirmasi Akan Kirim Pasukan Khusus AS ke Ukraina

Juru bicara Pentagon mengatakan bahwa pasukan khusus AS akan diterjunkan ke Ukraina untuk melatih dan menyiapkan tentara Ukraina dalam mempertahankan diri menghadapi potensi serangan Rusia

8 Desember 2021 16:00 WIB

Pentagon
Pentagon reuters

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - juru bicara Kementerian Pertahanan Amerika Serikat Anton Semelroth, pada Selasa (7/12) mengatakan bahwa sejumlah pasukan rahasia AS akan hadir di Ukraina sebagai bagian dari misi pelatihan dan latihan rutin pasukan operasi khusus.

“Sekitar seminggu yang lalu, Tim Tempur Brigade Infanteri ke-53 Garda Nasional Florida, yang dikenal sebagai Task Force Gator, mengambil alih misi [pelatihan Ukraina] ketika dirotasi dengan Tim Tempur Brigade Stryker ke-81 Garda Nasional Washington,” kata Semelroth pada Selasa dikutip Sputniknews.

Meski demikian, ia tidak menjelaskan berapa jumlah personil yang akan dibawa AS ke Ukraina.


WHO Bilang Vaksin yang Ada Masih Efektif Cegah Gejala Buruk Infeksi Omicron

“Selain itu, Komando Operasi Khusus Eropa memainkan peran besar dalam pengembangan Pasukan Operasi Khusus Ukraina… Karena masalah keamanan operasional, kami tidak dapat mengungkapkan jumlah personel tertentu," katanya.

Ia menambahkan bahwa misi pelatihan, yang dikenal sebagai Joint Multinational Training Group-Ukraine (JMTG-U), bertujuan untuk mendukung pengembangan profesional dan kapasitas pertahanan pasukan Ukraina sesuai dengan kebijakan jangka panjang AS terhadap negara Eropa timur tersebut.

"Pelatihan pasukan khusus AS dengan Ukraina memupuk kepercayaan dan memperkuat kesiapan, pada gilirannya mempromosikan perdamaian dan stabilitas di Eropa," tambah Semelroth.

Cegah Peningkatan Konflik Ukraina, Inggris dan Uni Eropa Sepakat Lanjutkan Dialog dengan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia