logo


Cegah Peningkatan Konflik Ukraina, Inggris dan Uni Eropa Sepakat Lanjutkan Dialog dengan Rusia

PM Inggris dan sejumlah pemimpin negara Eropa lain sepakat untuk menjalin dialog yang lebih lanjut dengan Rusia guna menurunkan ketegangan di perbatasan Ukraina

8 Desember 2021 15:30 WIB

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson NPR

LONDON, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan para pemimpin Eropa lainnya sepakat dengan Presiden AS Joe Biden tentang perlunya dialog berkelanjutan dengan Rusia yang bertujuan untuk mengakhiri perilaku intimidasi Moskow terhadap Ukraina.

Presiden AS Joe Biden dikabarkan langsung menggelar pembicaraan dengan PM Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Italia Mario Draghi, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel setelah melakukan kontak dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk membahas isu Ukraina.

"Para pemimpin menggarisbawahi pentingnya Rusia menghentikan perilaku mengancam mereka terhadap Ukraina. Mereka sepakat tentang perlunya dialog berkelanjutan dengan Rusia untuk mendorong hasil ini," kata juru bicara kantor pemerintahan Inggris dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters.


Australia Ikutan Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing

"Para pemimpin sepakat untuk tetap berhubungan dekat dan mengoordinasikan pendekatan mereka terhadap masalah ini," tambahnya.

Sebelumnya, Dalam sebuah video konferensi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden AS Joe Biden menyuarakan keprihatinan Amerika Serikat dan negara-negara Eropa yang sangat mendalam mengenai peningkatan aktivitas militer Rusia di sekitar Ukraina. Joe Biden menjelaskan bahwa AS dan Sekutu akan merespons dengan tindakan ekonomi dan tindakan lain yang kuat jika konflik militer antara Rusia dan Ukraina benar-benar terjadi. Hal tersebut tertuang dalam siaran pers yang dirilis oleh Gedung Putih pada Selasa (7/12).

"Presiden Biden menegaskan kembali dukungannya untuk kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina dan menyerukan de-eskalasi dan langkah kembali ke diplomasi. Kedua presiden menugaskan tim mereka untuk menindaklanjuti, dan AS akan melakukannya dalam koordinasi yang erat dengan negara sekutu dan mitra," kata pernyataan Gedung Putih, dikutip AFP.

Kantor Kepresidenan AS mencatat bahwa Biden dan Putin juga membahas beberapa isu dimana AS dan Rusia dapat bekerja sama, termasuk dialog tentang Stabilitas Strategis, memerangi kejahatan siber, dan hubungan dengan Iran.

 

WHO Bilang Vaksin yang Ada Masih Efektif Cegah Gejala Buruk Infeksi Omicron

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia