logo


WHO Bilang Vaksin yang Ada Masih Efektif Cegah Gejala Buruk Infeksi Omicron

Direktur penanganan situasi darurat WHO mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang tersedia masih efektif dalam mencegah infeksi varian Omicron

8 Desember 2021 15:00 WIB

Dr Mike Ryan, WHO
Dr Mike Ryan, WHO istimewa

JENEWA, JITUNEWS.COM - Dr Mike Ryan, salah satu pejabat Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang saat ini tersedia masih mampu memberikan perlindungan terhadap varian Omicron sehingga tidak menimbulkan gejala yang lebih parah.

"Kami memiliki vaksin yang sangat efektif yang telah terbukti efektif melawan semua varian sejauh ini, dalam hal penyakit parah dan rawat inap, dan tidak ada alasan untuk berharap bahwa itu tidak akan terjadi untuk Omicron," kata Dr Ryan, kepala penanganan situasi darurat WHO, kepada kantor berita AFP.

Dia mengatakan data awal menunjukkan Omicron tidak membuat seseorang mengalami gejala yang lebih buruk daripada varian Delta.


Perdagangan AS-China Tetap Meningkat Meski Hubungan Bilateral Semakin Memanas

"Jika ada, arahnya ke arah yang lebih ringan," katanya.

Sementara itu, sebuah penelitian baru yang dilakukan di Afrika Selatan mengungkap jika vaksin Pfizer/BioNTech mungkin 40 kali tidak efektif dalam melawan Omicron daripada jenis Covid asli.

Tetapi kemampuan Omicron untuk lolos dari antibodi vaksin "tidak lengkap", kata Prof Alex Sigal, ahli virus di Africa Health Research Institute, yang memimpin penelitian.

Dia mengatakan hasilnya, berdasarkan tes darah dari 12 orang, "lebih baik dari yang saya harapkan dari Omicron".

Prof Sigal mengatakan vaksinasi, yang dikombinasikan dengan infeksi sebelumnya, masih bisa menetralisir varian tersebut. Itu artinya suntikan dosis ketiga atau suntikan booster dapat membawa manfaat yang signifikan.

Australia Ikutan Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia