logo


Australia Ikutan Boikot Olimpiade Musim Dingin Beijing

PM Australia mengatakan bahwa meski pihaknya melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, namun atlet Australia tetap akan berpartisipasi

8 Desember 2021 14:30 WIB

Perdana Menteri Australia Scott Morrison
Perdana Menteri Australia Scott Morrison south china morning post

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa pihaknya akan bergabung dengan AS dalam boikot diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Dia menambahkan bahwa keputusan itu sebagai tanggapan atas "pelanggaran hak asasi manusia" di provinsi Xinjiang China dan "banyak masalah lain" yang selama ini menjadi kekhawatiran Australia.

Pada Senin (6/12), pemerintah AS mengatakan tidak akan mengirim diplomat ke Olimpiade Musim Dingin Beijing karena adanya tindak pelanggaran HAM di Xinjiang dan Hong Kong, yang dilakukan oleh pemerintah China.

"Saya melakukannya karena itu untuk kepentingan nasional Australia," kata Morrison pada Rabu (8/12).


AS Akan Kirim Senjata Tambahan untuk Perkuat Pertahanan Ukraina jika Rusia Melancarkan Invasi

"Itu hal yang benar untuk dilakukan," tambahnya.

Meski demikian, Australia masih mengirimkan atletnya untuk ikut berpartisipasi dalam ajang olahraga tersebut.

"Atlet tetap akan hadir," lanjutnya.

Sementara itu, dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa (7/12), juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian menuduh AS melanggar "netralitas politik dalam olahraga" dan mengatakan boikot itu dilakukan "berdasarkan kebohongan dan rumor".

AS menuduh China melakukan genosida dalam penindasannya terhadap minoritas Uyghur yang mayoritas Muslim di wilayah barat Xinjiang - sebuah tuduhan yang dibantah keras oleh China.

AS juga mengecam keputusan Beijing memberlakukan UU Keamanan Nasional baru di Hong Kong yang membelenggu kebebasan politik di daerah bekas jajahan Inggris tersebut.

Perdagangan AS-China Tetap Meningkat Meski Hubungan Bilateral Semakin Memanas

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia