logo


Perdagangan AS-China Tetap Meningkat Meski Hubungan Bilateral Semakin Memanas

Nilai perdagangan China-AS dari Januari hingga November mencapai USD 682,32 Miliar

8 Desember 2021 14:00 WIB

Pelabuhan Shanghai, China
Pelabuhan Shanghai, China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Data yang dirilis dari Bea Cukai China pada Selasa (7/12) menunjukkan bahwa Amerika Serikat tetap menjadi mitra dagang terbesar ketiga China pada November 2021, dengan nilai perdagangan bilateral mencapai $72 miliar untuk bulan tersebut. Para analis mengatakan bahwa perdagangan bilateral kemungkinan akan mencapai rekor tertinggi baru untuk tahun 2021 ini.

Pakar ekonomi China, Tian Yun mengatakan kepada Global Times bahwa AS harus meningkatkan impor dari China untuk mengatasi kekurangan pasokan domestiknya.

"Jika tidak, inflasi AS kemungkinan akan terus tumbuh," ujarnya pada Selasa (7/12).


Informasi soal Omicron Masih Minim, Jerman Minta Uni Eropa Tetap Berlakukan Aturan Pembatasan Perjalanan Internasional

Dari data Bea Cukai China, total perdagangan dari Januari hingga November antara kedua negara mencapai $682,32 miliar, atau meningkat sebesar 30,2 persen dari tahun 2020.

Merujuk pada perdagangan bilateral yang kuat, Tian memperkirakan tren peningkatan perdagangan China-AS pada tahun 2021 kemungkinan akan berlanjut hingga tahun depan. Dia memperkirakan tingkat pertumbuhan ekspor China pada 2022 akan mencapai lebih dari 5 persen dibandingkan tahun 2021 ini.

"Jika AS menghapus tarif hukuman pada produk China, akan ada win-win (solution) untuk keduanya karena akan membantu meringankan tekanan inflasi AS, sekaligus meningkatkan ekspor China ke AS," kata Tian.

Ia menambahkan bahwa kedua negara membutuhkan kesempatan untuk membahas perdagangan bilateral setelah kesepakatan perdagangan fase satu segera berakhir.

"Bahkan jika Presiden Biden memutuskan untuk tidak menghadiri Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, dia sebagai politisi veteran, tahu dengan jelas bahwa menjaga dialog dengan China di bidang ekonomi dan perdagangan adalah pragmatis dan penting," kata Tian.

 

AS Akan Kirim Senjata Tambahan untuk Perkuat Pertahanan Ukraina jika Rusia Melancarkan Invasi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia