logo


Alasan Covid-19, Selandia Baru Tak Akan Kirim Diplomat ke Olimpiade Musim Dingin Beijing

Pemerintah Selandia Baru tidak akan mengirimkan diplomat untuk hadir di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 karena alasan situasi pandemi, bukan boikot seperti yang dilakukan oleh AS.

7 Desember 2021 15:45 WIB

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022
Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 istimewa

AUCKLAND, JITUNEWS.COM - Selandia Baru tidak akan mengirim diplomatnya untuk hadir di Olimpiade Musim Dingin 2022 mendatang di Beijing. Hal itu disampaikan oleh wakil perdana menteri negara Selandia Grant Robertson pada Selasa (7/12). Ia menjelaskan bahwa langkah itu "sebagian besar" dimotivasi oleh situasi Covid-19 bukan seperti pemerintah AS yang memang melakukan boikot diplomatik..

"Kami telah menjelaskan bahwa kami tidak akan berada di sana pada tingkat menteri," kata Robertson kepada Televisi Selandia Baru, dikutip RT.com.

“Kami menjelaskannya kepada China, saya pikir pada bulan Oktober, dan bagi kami itu adalah keputusan yang telah kami buat," lanjutnya.


Meski Dikecam AS, India Tetap Lanjutkan Proses Pengiriman Sistem Pertahanan S-400 dari Rusia

Dia menambahkan bahwa langkah itu didorong oleh “berbagai faktor … sebagian besar karena Covid,” tetapi tetap menyatakan “kami telah menjelaskan kepada China dalam banyak kesempatan kekhawatiran kami tentang masalah hak asasi manusia.” Dengan semua indikasi, atlet Selandia Baru akan tetap berkompetisi di Olimpiade Beijing dan hanya tim ofisial yang tidak diberangkatkan.

Pada Senin (6/12), pemerintah AS sudah mengkonfirmasi jika mereka melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Musim Dingin 2022 dengan tidak akan mengirimkan diplomat untuk hadir dalam ajang olahraga tersebut. Boikot dilakukan karena pemerintah China dianggap sudah melakukan tindak pelanggaran HAM berat terhadap kelompok etnis minoritas Uighur di Xinjiang dan perusakan sistem demokrasi di Hong Kong.

AS Tak Akan Kerahkan Pasukan Militer ke dalam Konflik Ukraina-Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia