logo


AS Bakal Lakukan Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Kementerian Luar Negeri China mengecam rencana pemerintah AS yang akan melakukan boikot secara diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

6 Desember 2021 18:00 WIB

Joe Biden
Joe Biden NBC News

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Pemerintahan Amerika Serikat pada pekan ini diperkirakan akan segera mengumumkan bahwa tidak ada pejabat pemerintah AS yang akan menghadiri Olimpiade Beijing 2022, dan menerapkan boikot diplomatik terhadap event olahraga tersebut.

Dilansir dari CNN pada Senin (6/12), langkah itu akan memungkinkan AS untuk mengirim pesan kepada semua negara di dunia untuk tidak mengirimkan pejabatnya untuk menyaksikan acara olahraha tersebut, terlepas apakah mereka akan mengirimkan atlet untuk berlaga dalam Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Presiden Joe Biden mengatakan kepada wartawan bulan lalu bahwa dia sedang mempertimbangkan boikot secara diplomatik ketika anggota parlemen Demokrat dan Republik, termasuk Ketua DPR Nancy Pelosi, memprotes pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh pemerintah China terhadap rakyat Hong Kong dan etnis minoritas di Xinjiang.


Aung San Suu Kyi Akhirnya Dijatuhi Hukuman Penjara 4 Tahun

Mengingat hal ini adalah boikot diplomatik, maka kemungkinan besar atlet AS masih akan diizinkan untuk bersaing dalam event tersebut.

Menanggapi berita itu, Beijing memperingatkan akan mengambil "tindakan balasan yang tegas" terhadap pemerintahan Joe Biden jika boikot diplomatik tersebut benar-benar mereka lakukan.

"AS harus berhenti mempolitisasi gelaran olahraga dan meningkatkan apa yang disebut 'boikot diplomatik' agar tidak memengaruhi dialog dan kerja sama China-AS di bidang-bidang penting," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan pada konferensi pers Senin (6/12).

Zhao menyebut potensi boikot itu merusak semangat piagam Olimpiade dan langkah "sensasionalis dan manipulatif secara politik" oleh para politisi AS.

Kedapatan Tak Gunakan Masker saat Berbelanja, PM Denmark Mengaku Khilaf

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia