logo


Washington Hentikan Proses Negosiasi Perjanjian Nuklir, Iran: AS Enggan Cabut Sanksi

Iran mengatakan bahwa langkah AS yang secara mendadak mengakhiri proses negosiasi tersebut diambil karena Washington enggan mencabut sanksi yang dijatuhkan terhadap Teheran

6 Desember 2021 16:30 WIB

Iran-AS
Iran-AS CGTN

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Pemerintah Iran mengecam langkah yang diambil oleh Amerika Serikat yang secara tiba-tiba memutuskan untuk mengakhiri proses negosiasi pemulihan perjanjian nuklir JCPOA 2015 atau perjanjian nuklir Iran, di Vienna, Austria, pada Jumat akhir pekan lalu.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Iran yang anonim mengatakan bahwa keputusan AS tersebut diambil karena Washington tidak bersedia mencabut sanksi yang selama ini membelenggu perekonomian Iran, meski Iran bersedia membatasi aktivitas pengembangan nuklirnya.

"Sudah semakin jelas bahwa AS enggan mencabut sanksi secara sepenuhnya dan ini adalah tantangan utama untuk kemajuan dalam pembicaraan," kata pejabat itu kepada media Iran, Tasnim, dikutip Sputniknews.


Kendaraan Junta Militer Tabrak Barisan Pengunjuk Rasa, Lima Orang Tewas dan Puluhan Luka Berat

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengklaim jika langkah mengakhiri proses negosiasi dilakukan karena pemerintah Iran tidak "serius" dalam melakukan negosiasi tersebut.

"Kami telah melakukan pembicaraan putaran pertama ini sejak pemerintah baru [Iran], dan apa yang telah kami lihat dalam beberapa hari terakhir adalah bahwa saat ini tampaknya Iran tidak serius dalam melakukan apa yang diperlukan untuk kembali patuh (terhadap aturan perjanjian nuklir), itulah sebabnya kami mengakhiri putaran pembicaraan di Wina ini," kata Blinken pada Jumat (3/12).

 

Uni Eropa Berusaha Cegah Peningkatan Konflik Ukraina-Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia