logo


FISIP UMJ Gelar UKW, Pastikan Kompetensi Wartawan Terpenuhi

Lembaga Uji Kompetensi Universitas Muhammadiyah telah ditetapkan dan diberi wewenang untuk menyelenggarakan UKW oleh Dewan Pers

6 Desember 2021 12:36 WIB

Acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselengarakan oleh LUKW UMJ, Minggu (5/12).
Acara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselengarakan oleh LUKW UMJ, Minggu (5/12). ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UMJ kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan. UKW yang diselenggarakan selama 2 hari kemarin, Sabtu dan Minggu (4-5 Desember 2021), diikuti oleh 14 peserta dari berbagai media massa baik televisi, cetak, sampai elektronik.

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan; Anggota Tim Pansel KPU, Endang Sulastri; serta Direktur UKW FISIP UMJ, Tria Patrianti. Sebagai tim penguji yakni Wahyudi M. Pratopo, Edy Kuscahyanto, Nurcholis Basyari, Heri Ruslan, serta Makroen Sanjaya.

"Üji kompetensi akan meningkatkan kualitas SDM wartawan, tidak hanya lembaga pers tapi juga masyarakat luas," kata Dr Asep Setiawan, anggota Dewan Pers dalam sambutannya pada pembukaan UKW di FISIP UMJ, Sabtu (4/12).


TKN Jokowi Akan Laporkan Tirto.id ke Dewan Pers Terkait Terkait Meme Ma'ruf Amin

UKW yang diselenggarakan 2 hari berturut-turut itu meluluskan 12 peserta yang dinilai berkompeten sebagai wartawan muda. Sebagai peserta terbaik yakni Vicky Anggriawan serta Eman Sulaeman.

Untuk diketahui, Lembaga Uji Kompetensi Universitas Muhammadiyah telah ditetapkan dan diberi wewenang untuk menyelenggarakan UKW oleh Dewan Pers melalui SK No. 18 Tahun 2020.

Tria Patrianti menyebut bahwa lembaga Uji Kompetensi Wartawan UMJ merupakan lembaga uji milik persyarikatan Muhammadiyah, yang diinisiasi Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, dengan bekerjasama dengan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta.

"Sebagai bagian dari Persyarikatan yang memiliki tanggung jawab meningkatkan dan mengembangkan SDM di berbagai bidang, Lembaga UKW UMJ mengkhidmatkan diri pada pengembangan kompetensi para Jurnalis," kata Tria Patrianti.

Dewan Pers Soroti Peran Media dalam Menjaga Demokrasi Indonesia

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata