logo


Meski Diterpa Badai, KPK Masih Jadi Idaman Masyarakat

Berada diurutan dua yang mendapat kepuasan publik adalah kinerja dari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

19 Mei 2015 16:54 WIB

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda (Ist)
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - KPK kembali menjadi institusi demokrasi yang paling dipercaya publik, hal ini tercitra pada rilis survey nasional yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia. Tingkat kepuasan publik terhadap KPK menempati urutan pertama dengan persentase sebesar 69,4%.

Berada diurutan dua yang mendapat kepuasan publik adalah kinerja dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebesar 67,9% disusul kemudian oleh Komisi Pemiliha Umum (KPU) sebesar 44,8%. Sedangkan untuk peringkat tertinggi ketidakpuasan ditempati oleh DPR RI dengan 66,5%, Partai Politik 63,5% dan Kepolisian 55,9%.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha mengatakan bahwa saat ini dukungan publik terhadap sistem demokrasi sudah sedemikian tinggi dan stabil.Namun hal tersebut belum dibarengi dengan kinerja yang baik dari institusi-institusi demokrasi.


Soal Pengganti Lili Pintauli, Politikus PKS: Harus Paham Aturan, Khususnya Kode Etik KPK

"Ini dapat berimplikasi pada dua hal, yaitu menjadi peluang atau menjadi ancaman," tuturnya di Jakarta pada Selasa (19/5).

Dirinya meminta para institusi demokrasi untuk mningkatkan kapasitas kelembagaannya dan bekerja untuk melayani masyarakat. Dia juga mengingatkan apabila isntitusi demokrasi lebih mementingkan kepentingfan pribadi atau kelompok, nantinya masyarakat tidak akan pernah mau percaya lagi.

"Bukan hanya kepentingan pribadi atau kelompok saja, untuk memperbaiki tingkat kepercayaan publik harus meningkatkan kapasitas kelembagaan," lanjutnya.

Desak KPK Jemput Paksa Mardani Maming Jika Mangkir Lagi, LSAK: Jangan Ragu

Halaman: 
Penulis : Andi Dwijayanto, Vicky Anggriawan