logo


Redakan Trauma Warga Terdampak Erupsi Semeru, Khofifah Kirim Tim Healing

Sasaran utama dari tim ini adalah perempuan, anak-anak, dan warga lanjut usia.

6 Desember 2021 08:17 WIB

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi pengungsi Gunung Agung.
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjungi pengungsi Gunung Agung. kemsos.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Tim trauma healing dikerahkan menuju pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang. Sasaran utama dari tim ini adalah perempuan, anak-anak, dan warga lanjut usia.

Hal ini disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ketika meninjau daerah terdampak erupsi, di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro, Minggu (5/12).

"Saya perintahkan agar tim psikososial segera melakukan assessment terhadap anak-anak," ujar Khofifah, seperti dilansir dari cnnindonesia.com.


Gunung Semeru Erupsi, Fahri: Ayo Mari Semua Siapa Saja Bergerak Cepat

Tim trauma healing akan menghibur anak-anak dengan sejumlah kegiatan. Tindakan ini diambil semata ingin mengikis trauma mereka.

"Anak-anak di pengungsian akan didampingi memberikan hiburan kepada mereka," lanjut Khofifah.

Ditambahkan Khofifah, Pemprov Jatim telah mengirim ratusan paket bantuan ke Kabupaten Lumajang berupa beras, lauk pauk, tambah gizi, selimut, baju anak-anak, dan sembako.

Bantuan lain yang dikirimkan adalah terpal, kantong jenazah, pampers, masker kain, masker medis, sandang, air, biskuit bayi, minyak telon, minyak kayu putih dan suplemen.

Kemudian ada trail, chainsaw, tenda pengungsi, tenda posko, genset, light tower, velbed, sleeping bag, police Line, cangkul, sekrop, kabel, jurigen, sepatu boot, kacamata google, toolkit, helm dan antena tower hidrolis.

Khofifah juga meminta agar koordinasi antara wilayah Candipuro dan Pronojiwo terus dijalin untuk memastikan kebutuhan warga dan pengungsi terpenuhi.

Sebut Erupsi Semeru Bakal Dipolitisasi, Ferdinand: Ada yang Datang untuk Citra Politik 2024

Halaman: 
Penulis : Iskandar