logo


Jokowi Perintahkan BNPB Cepat dan Tepat Tangani Korban Erupsi Semeru

Suharyanto mengirimkan tim BNPB untuk mendampingi BPBD Lumajang dan Provinsi Jawa Timur

5 Desember 2021 05:45 WIB

Gunung Semeru
Gunung Semeru Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo memerintahkan Kepala BNPB Mayor Jenderal TNI Suharyanto dan jajarannya untuk menangani korban bencana erupsi Gunung Semeru dengan cepat.

"Atas petunjuk Bapak Presiden, kami juga, Kepala BNPB dan tim besok pagi kesempatan pertama akan segera ke Lumajang, ke daerah bencana, untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan tepat dan cepat dan tentunya kebutuhan dasar para pengungsi akan kami yakinkan untuk terdukung secara maksimal," kata Suharyanto saat konferensi pers seperti disiarkan YouTube BNPB, Sabtu (4/12).

Suharyanto mengirimkan tim BNPB untuk mendampingi BPBD Lumajang dan Provinsi Jawa Timur. Selain itu, bantuan logistik seperti selimut, makanan siap saji, tenda darurat, juga dikirim.


Airlangga Disebut Bakal Menang Pilpres 2024 Jika Satukan Cebong dan Kampret

"Dari BNPB malam ini juga kami sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan BPBD Provinsi Jatim yang bergerak bersama dengan unsur dari Kemenkes, malam ini bergerak lewat darat, dan membawa logistik antara lain selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, matras, dan logistik dasar lainnya," ucapnya.

Suharyanto juga telah berkoordinasi dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa guna meminta bantuan. Ia memastikan kebutuhan dasar para pengungsi akan terpenuhi.

"Kami juga sudah laksanakan koordinasi dan berkirim surat kepada Panglima TNI untuk meminta bantuan, baik personel dan alat-peralatan, kemudian koordinasi dengan BPBD Provinsi Jatim, Pemprov Jatim, dan Pemkab Lumajang untuk memastikan langkah-langkah penanganan masyarakat khususnya yang terdampak bencana erupsi ini, para pengungsi kebutuhan dasar bisa terpenuhi secara maksimal," ujarnya.

Setuju dengan Jokowi soal Mural, Fadli Zon: Sama dengan Baliho Tak Perlu Diturunkan Apalagi Ditakuti

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata