logo


IMF Prediksi Pertumbuhan Perekonomian Global Bakal Terpengaruh oleh Omicron

Kepala IMF memperkirakan penyebaran varian baru Covid-19 Omicron akan berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian global.

4 Desember 2021 18:00 WIB

IMF
IMF reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Badan Moneter Internasional mengatakan bahwa pertumbuhan perekonomian global diperkirakan akan mengalami penurunan akibat kemunculan varian Covid-19 baru Omicron.

Varian Omicron kini sudah teridentifikasi di setidaknya 40 negara di dunia sejak pertama kali muncul di Afrika Selatan pada pekan lalu. Kemunculan varian baru tersebut juga memaksa negara-negara memperketat aturan perjalanan internasionalnya.

"Varian baru yang mungkin menyebar sangat cepat ini dapat merusak kepercayaan, dan dalam hal itu, kami kemungkinan akan melihat beberapa penurunan proyeksi pertumbuhan global kami pada Oktober lalu," kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dalam konferensi yang digelar secara online oleh Reuters.


Soal Varian Omicron, WHO: Jangan Panik

Sejauh ini, masih banyak hal yang belum diketahui tentang Omicron. Para peneliti mengatakan virus itu bisa saja mengambil materi genetik dari virus lain, mungkin yang menyebabkan flu biasa, yang akan membuatnya lebih mudah menghindari pertahanan sistem kekebalan manusia.

Meski demikian, WHO meminta negara-negara untuk tidak panik dalam menghadapi varian baru Covid-19 tersebut.

AS Bilang China Akan Dapatkan Konsekuensi Buruk jika Nekat Invasi Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia