logo


AS Bilang China Akan Dapatkan Konsekuensi Buruk jika Nekat Invasi Taiwan

Menteri Luar Negeri AS memperingatkan bahwa China akan mendapatkan konsekuensi yang sangat buruk jika nekat menyerang Taiwan

4 Desember 2021 17:15 WIB

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ABC News

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken pada Jumat (3/12) memperingatkan China untuk tidak melakukan sebuah tindakan berbahaya, seperti menginvasi Taiwan. Blinken menambahkan bahwa tindakan tersebut akan menimbulkan konsekuensi yang sangat buruk.

"Segala langkah yang dilakukan oleh China dalam menginvasi Taiwan akan menimbulkan konsekuensi yang buruk," kata Blinken kepada Reuters.

Ia berharap pemerintah China akan berpikir dengan sangat hati-hati untuk tidak memicu sebuah krisis di Selat Taiwan.


Sengketa Perbatasan dengan China Belum Selesai, India Siagakan Kapal Perang di Samudera Hindia

Blinken mengatakan bahwa China selama ini sudah berusaha merubah status quo Taiwan dengan mengklaim pulau tersebut sebagai wilayah teritorialnya. Oleh karena itu, AS akan terus berkomitmen untuk memastikan Taiwan memiliki kemampuan dalam mempertahankan dirinya.

"Tapi, sekali lagi, saya berharap para pemimpin China berpikir dengan sangat hati-hati mengenai hal ini, untuk tidak memicu sebuah krisis yang hanya akan menimbulkan konsekuensi yang buruk bagi banyak orang," tambahnya.

Saat ditanya secara spesifik apakah Amerika Serikat akan mengirimkan pasukan militernya jika China benar-benar menginvasi Taiwan, Blinken menjawab: "Kita sudah menjelaskan dengan jelas dan konsisten, selama bertahun-tahun kami sangat berkomitmen dalam memastikan Taiwan mampu mempertahankan dirinya...dan kami akan terus melanjutkan komitmen tersebut".

 

Soal Varian Omicron, WHO: Jangan Panik

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia