logo


Jokowi Heran Polisi Sowan ke Ormas Bermasalah, Polda Metro Jaya: Kita Langsung Tindak, Seperti PP

Polda Metro Jaya sudah menindak ormas yang bermasalah tanpa sowan ke pimpinannya terlebih dahulu

4 Desember 2021 05:36 WIB

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E. Zulpan mengatakan bahwa pihaknya siap menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta tidak sowan ke ormas yang bermasalah.

"Apa yang disampaikan oleh Pak Presiden itu luar biasa. Kita apresiasi, kita siap laksanakan dan kita sudah laksanakan jauh-jauh hari sebelumnya sesuai dengan perintah Pak Kapolda," kata Zulpan dilansir CNNIndensia.com, Sabtu (4/12/2021).

Bahkan, kata dia, pihaknya sudah menindak ormas yang bermasalah tanpa sowan ke pimpinannya terlebih dahulu. Ia lantas mencontohkan penindakan tegas terhadap ormas Pemuda Pancasila yang beberapa waktu lalu mengkeroyok polisi.


Jokowi Larang Polisi Sowan ke Ormas, Gus Umar: Coba Larang Erick Thohir Jadi Anggota Banser

"Dalam rangka penegakan hukum yang berkeadilan tidak perlu sowan-sowan ke ormas, buat apa? Kalau ormasnya salah kita tindak seperti Pemuda Pancasila salah kami tindak. FBR salah ditindak. Tidak perlu sowan-sowan," tegasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku heran dengan jajarannya di Korps Bhayangkara yang kepergok sowan ke ormas yang bermasalah.

"Saya tanya ke kapolres. Kenapa bapak melakukan ini? Supaya kotanya kondusif. Tapi apakah cara ini betul? Hati-hati, jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum. Banyak ini saya lihat. Saudara-saudara harus memiliki kewibawaan. Polri harus memiliki kewibawaan," ujar Jokowi, Jumat (3/12/2021)

Jokowi Minta Polisi Tak Sowan Ormas, Polri: Harus Jaga Marwah Organisasi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati