logo


AS dan Uni Eropa Khawatirkan Tindakan Sepihak China di Natuna Utara

Tindakan sepihak China di Laut China Selatan dan Laut China Timur bisa merusak stabilitas dan keamanan di kawasan tersebut

3 Desember 2021 20:30 WIB

Peta Laut China Selatan
Peta Laut China Selatan Ist

WASHINTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat dan Uni Eropa pada Kamis (2/12) menyampaikan kekhawatirannya atas "tindakan bermasalah dan sepihak" China di Laut China Selatan dan menekankan perlunya kontak dekat untuk mengelola "persaingan dan persaingan sistemik" dengan Beijing.

Pernyataan bersama itu dirilis setelah Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman menggelar pertemuan dengan Kepala Badan Tindakan Eksternal Uni Eropa, Stefano Sannino.

"Mereka menyatakan keprihatinan yang kuat atas tindakan bermasalah dan sepihak China di Laut China Selatan dan Timur dan Selat Taiwan yang merusak perdamaian dan keamanan di kawasan itu dan berdampak langsung pada keamanan dan kemakmuran Amerika Serikat dan Uni Eropa," demikian pernyataan bersama yang dirilis oleh Departemen Luar Negeri AS dan Lembaga Tindakan Eksternal Uni Eropa.


Ukraina Sebut Rusia Akan Lancarkan Serangan Militer Skala Besar pada Akhir Januari 2022

Dalam kesempatan tersebut, kedua belah pihak juga membahas mengenai tindak pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh China, termasuk penindasan terhadap etnis minoritas di Xinjiang dan Tibet serta erosi otonomi di Hong Kong.

Wendy Sherman dan Stefano Sannino juga menyatakan kesiapan untuk memperdalam pembagian informasi AS-UE tentang disinformasi yang disponsori atau didukung oleh China.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden telah menekankan pentingnya bekerja sama dengan sekutu dalam melawan kekuatan China yang tumbuh dan perilaku yang semakin asertif di seluruh dunia.

Pembatasan Perjalanan Tak Akan Hentikan Penyebaran Omicron, WHO Bilang Vaksinasi adalah Kunci

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia