logo


Ukraina Sebut Rusia Akan Lancarkan Serangan Militer Skala Besar pada Akhir Januari 2022

Menteri Pertahanan Ukraina, mengutip laporan intelijen, mengatakan jika Rusia kemungkinan akan melancarkan serangan militer besar-besaran pada akhir Januari 2022

3 Desember 2021 19:30 WIB

Pasukan militer Ukraina di wilayah perbatasan Rusia
Pasukan militer Ukraina di wilayah perbatasan Rusia istimewa

KIEV, JITUNEWS.COM - Rusia telah mengumpulkan lebih dari 94.000 personil tentara di dekat perbatasan Ukraina dan mungkin bersiap untuk serangan militer skala besar pada akhir Januari. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov kepada parlemen Ukraina pada Jumat (3/12), mengutip laporan intelijen.

Reznikov mengatakan Ukraina tidak akan melakukan apa pun untuk memprovokasi situasi tetapi siap untuk melawan jika Rusia melancarkan serangan.

"Intelijen kami menganalisis semua skenario, termasuk yang terburuk," kata Reznikov dikutip Reuters.


Berkunjung ke Korsel, Menhan AS Kecam Pengembangan Senjata Hipersonik China

“Mereka (intelijen) mencatat bahwa kemungkinan eskalasi skala besar dari Rusia ada. Waktu yang paling mungkin untuk mencapai kesiapan untuk eskalasi adalah akhir Januari,” tambahnya.

Ukraina dan sekutu NATO-nya saat ini telah mengeluarkan tanda peringatan terkait adanya pergerakan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina tahun ini, dimana hal itu memicu kekhawatiran bahwa konflik separatisme yang berlangsung di Ukraina timur dapat meletus menjadi perang terbuka.

"Eskalasi adalah skenario yang mungkin terjadi, tetapi tidak dapat dihindari, dan tugas kami adalah mencegahnya," kata Reznikov. "Kita harus membuat harga eskalasi tidak dapat diterima oleh agresor."

Hubungan Ukraina dengan Rusia sudah runtuh pada 2014 setelah pasukan yang didukung Moskow merebut wilayah di Ukraina timur. Pemerintah Ukraina mengatakan jika konflik tersebut sudah memakan korban jiwa lebih dari 14.000 orang.

 

Meski Bersitegang, Uni Eropa dan AS Perlu Jalin Kerja Sama dengan China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia